Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Nyeri Usai Operasi Caesar, Coba Teknik Relaksasi Ini
Senin, 07-11-2016 | 07:27 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Bagi para wanita yang melahirkan dengan cara Operasi Caesar biasanya masih merasa nyeri akibat luka bekas operasi. Mungkin tak ada salahnya mencoba 2 teknik ini , yaitu teknik genggam jari dan teknik relaksasi napas.

Terinspirasi dari banyaknya wanita yang mengeluh terasa nyeri pasca melahirkan dengan cara Operasi Caesar, serta berdasar pengalaman pribadi yang tidak suka minum obat, Oktaviani De Rosari Deor, mahasiswi jurusan keperawatan salah satu universitas swasta di Surabaya meneliti mengenai teknik relaksasi untuk mengurangi rasa nyeri.

Dengan melakukan observasi langsung pada 52 pasien Operasi Caesar di salah satu rumah sakit di Surabaya, Oktaviani mencoba melakukan teknik relaksasi napas dan genggam jari. Kedua teknik ini adalah teknik sederhana, namun hasilnya bisa maksimal.

Dalam teknik genggam jari, ia menggenggam jari pasien selama 3 - 5 menit, hingga terasa denyutnya lemah. Ini menandakan bahwa pasien sudah  terasa rileks. Sembari digenggam, teknik relaksasi napas juga dilakukan dengan cara menginstruksikan mengambil dan membuang napas pada pasien.

Berdasarkan hasil penelitiannya, 2 teknik relaksasi itu terbukti efektif meredakan nyeri pada skala ringan hingga sedang . Teknik ini dapat dilakukan pada wanita pasca Operasi Caesar dalam waktu kurang dari 36 jam.

Dari penelitian ini, Oktaviani berhasil meraih indeks prestasi kumulatif 3,5 dan menjadi wisudawati berpredikat akademik terbaik.(end)

Berita Terkait


Nyeri Usai Operasi Caesar, Coba Teknik Relaksasi Ini


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber