Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Tiga Siswa SD Bikin Robot Hidrolik dari Stik Es Cream dan Suntik
Sabtu, 05-11-2016 | 17:30
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Jangan buang stik es cream, gabus, serta selang bekas anda, karena di tangan tiga siswa SD Al Azhar Kelapa Gading Surabaya, ketiga barang bekas tersebut bisa dikreasikan menjadi robot hidrolik. Meski terbuat dari barang bekas, namun robot hidrolik ini mampu mengangkat bola dan sampah.

Dengan menggunakan bahan stik es cream, gabus, lem tembak, suntik dan selang bekas, ketiga siswa SD, Apsara Rajendra, Achmad Naufaldiansyah dan Zaskia Meyza berkreasi membikin robot. Bukan robot biasa yang dibuat siswa kelas 3, kelas 4 dan kelas 5 SD Al Azhar Kelapa Gading Surabaya ini, melainkan robot hidrolik.
 
Tentu saja, untuk membuat robot hidrolik ini, ketiganya berbagi tugas. Apsara Rajendra bertugas memotong gabus, sementara Achmad Naufal dan Zaskia bertugas menempelkan gabus ke stik es cream dengan menggunakan lem tembak. Setelah kerangka robot sudah terbuat, proses selanjutnya dengan menyambungkan selang dan suntik sebagai media untuk menggerakkan robot.
 
Setelah semuanya selesai, proses selanjutnya mengkonekkan robot dengan mobil remot kontrol. Mobil remot kontrol ini berfungsi untuk menggerakkan robot agar bisa bergerak. Setelah dua jam berkreasi, robot hidrolik ini pun sudah bisa dijalankan, dengan mampu mengangkat bola dan dimasukkan ke dalam bak truk.
 
Sementara itu, Febrina Oktobrian, selaku guru pembimbing mengatakan, ide membuat robot hidrolik dari barang bekas ini terinspirasi dari banyaknya stik es cream, gabus dan selang bekas yang terbuang percuma. Meski robot hidrolik terbuat dari barang bekas, namun robot ini tak hanya bisa mengangkut bola, tapi juga sampah-sampah.
 
Ketiga siswa SD, Apsara Rajendra, Achmad Naufaldiansyah dan Zaskia Meyza ini berjanji akan terus mengembangkan robot hidrolik ini, agar lebih canggih dan bisa mengikuti lomba di tingkat nasional dan internasonal.(end)

Berita Terkait

05-11-2016 | 17:30
Tiga Siswa SD Bikin Robot Hidrolik dari Stik Es Cream dan Suntik


Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber