Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Terjaring OTT, Polisi Tangkap Pejabat Pelindo III Atas Dugaan Pungli
Selasa, 01-11-2016 | 17:49
Oleh : Arip Purwanto
Surabaya pojokpitu.com, Team gabungan Satgas Saber Pungli dan Dweling Time Mabes dan Polres Tanjung Perak menggeledah ruang Direktur Utama Operasional Pelindo III. Rahmat Satria, Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis di Pelindo III ini, diamankan dengan dugaan tersangkut kasus aliran dana pungli yang dilakukan oleh PT Akara Multi Perkasa.

Penangkapan salah satu pejabat penting di tubuh Pelindo III, yaitu Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis, yang diduga menerima aliran dana dari pihak ketiga, yaitu PT Akara Multi Perkasa, selaku mitra Badan Karantina Tumbuhan di dalam area Terminal Petikemas Surabaya.

Dugaan pungli ini dilakukan oleh PT Akara Multi Perkasa (AKM), dengan melewatkan beberapa pemeriksaan kontainer, dengan jaminan menyerahkan uang sejumlah Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta per kontainer. 

Dijelaskan oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Takdir Matanette, dari praktik pungutan liar kepada para importir ini, pihak PT AKM bisa memperoleh hasil Rp 5 miliar sampai Rp 6 miliar per bulan. 

Praktik pungutan liar ini, diduga sudah dilakukan sejak tahun 2004 dan diduga, tersangka Rahmad Satriya, yang saat itu menjabat sebagai Direktur Utama PT Terminal Petikemas Surabaya, dengan sengaja melegalkan hal tersebut, serta juga menerima aliran dana dari pungutan liar tersebut.

Sampai dengan sore ini, polisi belum menetapkan status Rahmad Satriya sebagai tersangka, melainkan masih sebagai saksi, dan masih menjalani pemeriksaan intensif di ruang Satreskrim Polres Tanjung Perak. 

Tidak menutup kemungkinan, team gabungan Satgas Saber Pungli juga akan menetapkan tersangka lain, mengingat banyak instansi yang terkait dalam aliran dana pungli di Terminal Petikemas Surabaya ini.(end)

Berita Terkait

01-11-2016 | 17:49
Terjaring OTT, Polisi Tangkap Pejabat Pelindo III Atas Dugaan Pungli


Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber