Berita Terbaru :
TNI Polri Salurkan Puluhan Ton Beras Terhadap Warga yang Luput Bantuan Pemerintah
Sedikitnya 3 Wisata Kota Batu Akan Dibuka
   

Dampak Lahan Pertanian Menyempit, Ketahanan Pangan Berkurang
Politik  Selasa, 25-10-2016 | 12:34 wib
Reporter : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Menyempitnya lahan pertanian membuat sejumlah pihak harus berperan aktif untuk terus mempertahankan dan mengelolah pertanian. Agar ketahanan pangan tetap terjaga sehingga bisa dinikmati masyarakat dan generasi penerus bangsa.

Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin disela-sela acara aksi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Sidoarjo dalam rangka memperingati hari pangan se dunia di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo.

Menurutnya lahan pertanian di sejumlah daerah yang semakin menyempit membuat pemerintah harus bersungguh-sungguh dalam melakukan ketahanan pengan. Dengan meningkatkan produktifitas pertanian dan memperlancar infrastruktur akan bermanfaat bagi peningkatan hasil produktifitas.

"Pemerintah Sidoarjo bersungguh-sungguh dalam melakukan upaya mempertahankan ketahanan pangan, walaupun kuota yang diberikan sekitar 12.000 hektar lebih tapi  bisa melaksanakan secara maksimal," kata Nur Ahmad Syaifuddin.

Menurutnya, bukan dinilai dari luasannya tanah tapi dari kualitasnya. Dengan produktifitas tinggi dan menu asupan makanan yang bervariasi membuat ekonomi bisa membaik dan kesehatan tetap terjaga.

Untuk mempertahankan lahan pangan, kuota 12.000 hektar tersebut harus dipertahankan. Seperti harus ada pengairan yang baik dan harus dijaga dengan baik.  Selain itu, harus diatur dan diminit sedimikian tinggi meski kecil tapi hasilnya tinggi.

"Kami akan memberikan sangsi tegas kepada semua pihak yang melakukan penyalahgunaan lahan pertanian di Sidoarjo dan Pemkab Sidoarjo tak segan untuk memberikan sangsi bagi yang melanggarnya," kata Nur Ahmad Syaifuddin. (pul)

Berita Terkait

Lahan Pertanian Menyusut 2 Persen Per Tahun

Penyusutan Lahan Pertanian Tak Terbendung

Target Tingkatkan Pertanian, Pemkab Malang Perluas Lahan

Dampak Lahan Pertanian Menyempit, Ketahanan Pangan Berkurang
Berita Terpopuler
Sedikitnya 3 Wisata Kota Batu Akan Dibuka
Mlaku - Mlaku  1 jam



Cuplikan Berita
Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
Pojok Pitu

Satu Keluarga Tersapu Ombak, Satu Orang Tewas, Satu Lagi Hilang
Pojok Pitu

Ini Syarat Kuota Khusus Untuk Putra-Putri Tenaga Kesehatan Covid 19
Jatim Awan

Klaster Gowa Menambah Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Bondowoso
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber