Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Seorang peserta terpaksa harus dipegang sejumlah orang agar tidak berontak atau melarikan diri. Foto Mubarok
Jerit Tangis Warnai Khitanan Massal Haul Sunan Bonang
Jum'at, 21-10-2016 | 19:09
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Suasana hening komplek Pemakanan Sunan Bonang pecah, dengan suara jerit tangis bocah yang mengikuti khitanan missal. Puluhan peserta dari usia SD dan SMP ini mengikuti khitanan dalam rangka Haul Sunan Bonang.

Khitanan massal diikuti 73 peserta yang berasal dari penjuru wilayah Kabupaten Tuban. Bahkan beberapa peserta diketahui datang jauh dari kabupaten tetangga, seperti Lamongan dan Bojonegoro.

Perasaan resah bercampur takut menyelimuti bocah-bocah peserta khitanan massal di komplek makam yang terletak di  Kelurahan Kutorejo Kabupaten Tuban ini. Wajah mereka terlihat tegang saat menunggu giliran khitan yang digelar secara gratis oleh Pengurus Yayasan.

Meski sempat takut bocah-bocah usia SD dan SMP ini tetap memberanikan diri dikhitan oleh calak atau ahli Khitan tradisional. Tak jarang terdapat peserta yang menangis ketakutan saat mendapat gilirannya. Bahkan seorang peserta terpaksa harus dipegang sejumlah orang agar tidak berontak melarikan diri.

Para peserta khitanan ini berasal dari seluruh latar belakang ekonomi keluarga. Selain ingin menunaikan kewajiban khitan sebagi muslim,  bocah-bocah ini mengaku ikut khitanan di Haul Sunan Bonang karena ingin mendapat berkah.

Menurut Ketua Panitia Khitanan Massal Faisol, kegiatan tersebut digelar setiap tahunnya. Terutama pada bulan Muharram. "Selain khitanan, kami juga menggelar doa dan dzikir bersama," kata Faisol.(win/pul)





Berita Terkait


Jerit Tangis Warnai Khitanan Massal Haul Sunan Bonang

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber