Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Sekitar 50 ribu umat muslim ini, datang dari berbagai daerah di tanah air. Bukan hanya dari lokal Tuban, melainkan juga datang dari berbagai daerah lainnya di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, hingga Kalimantan. Mereka datang untuk berziarah dan mendapatkan berkah, jelang puncak haul Sunan Bonang Tuban. Foto Khusni
Puluhan Ribu Peziarah Berdesakan Jelang Haul Sunan Bonang
Rabu, 19-10-2016 | 14:15
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Puluhan ribu umat muslim dari berbagai daerah di Indonesia berdatangan memadati komplek makam Sunan Bonang, di Tuban. Mereka rela antre menuju komplek makam, agar dapat berziarah dan mendapatkan berkah jelang puncak peringatan Syech Maulana Makhdum Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sunan Bonang.

Mereka datang secara rombongan bersama keluarga maupun kerabat. banyaknya warga yang datang membuat lokasi sekitar komplek makam penuh sesak. antrean warga pun sudah terjadi hingga radius 1 kilo meter dari komplek makam salah satu anggota wali songo  itu. Bahkan untuk mencapai lokasi makam, ribuan warga harus rela mengantre hingga berdesakan di sekitar pintu pendopo di jalur menuju komplek makam.

Sesampainya di lokasi makam, mereka langsung berziarah dan menggelar tahlil dan doa bersama yang dipandu oleh ulama setempat dan panitia haul. Doa bersama di lokasi makam salahsatu ulama terbesar dan tersohor di tanah Jawa ini, digelar dengan maksud mengenang jasa Sunan Bonang sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa, serta mendapatkan limpahan berkah dari Allah Yang Maha Kuasa.

Selain berziarah ke makam sunan bonang tuban ini. usai puncak haul, para peziarah ini, umumnya juga mendatangi makam wali  9 dan ulama lainnya di tanah Jawa.

Terlait membludaknya jumlah pengunjung ini, Ihwan Hadi Pengurus Komplek Makam Sunan Bonang menyatakan lonjakan pengunjung mulai terasa sejak sepekan terakhir. Mereka biasanya datang secara rombongan dari berbagai daerah di tanah air.

"Kini mencapai lebih dari 50 ribu orang perharinya, bahkan jumlah peziarah akan mencapai ratusan ribu, saat puncak haul Sunan Bonang, besok Kamis malam," kata Ihwan Hadi.

Pada puncak haul Sunan Bonang, peringatan haul juga akan diisi dengan berbagai kegiatan bernuansa islami lainya seperti festifval hadrah, serta pengajian umum yang rencananya akan berlangsung pada malam hari.

Seperti diketahui, Sunan Bonang Tuban memiliki nama asli Raden Maulana Makdum Ibrahim. Beliau adalah putra Sunan Ampel dan Dewi Condrowati atau yang lebih dikenal Nyai Ageng Manila, putri Majapahit. Sunan Bonang merupakan salahsatu anggota wali  9 penyebar agama Islam di Tanah Jawa, abad 15 masehi. (pul)




Berita Terkait

24-05-2017 | 14:06
Jelang ramadhan, Makam Sunan Bonang Ramai Dipadati Peziarah
25-12-2016 | 20:02
Libur Panjang, Penziarah Padati Makam Sunan Bonang
21-10-2016 | 19:09
Jerit Tangis Warnai Khitanan Massal Haul Sunan Bonang
19-10-2016 | 14:15
Puluhan Ribu Peziarah Berdesakan Jelang Haul Sunan Bonang

10-06-2016 | 06:22
Ini Tradisi Bersedekah Sunan Bonang yang Unik
06-06-2016 | 08:24
Sehari Jelang Ramadhan, Makam Sunan Bonang Ramai Dipadati Peziarah
27-05-2016 | 05:29
Jelang Ramadhan, Wisata Religi Makam Sunan Bonang Ramai Peziarah
26-12-2015 | 23:15
Libur Akhir Tahun, Pengunjung Wisata Religi Sunan Bonang Membludak

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber