Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Olahan menggugah selera dengan paduan nasi bakar daun pisang, dan sangat cocok dinikmati saat cuaca mendung. Foto Chofi Zamani
Kuliner Nasi Bakar Sambal Pencok Khas Jember
Kamis, 13-10-2016 | 22:09
Oleh : Chofi Zamani
Jember pojokpitu.com, Bagi anda penyuka makanan pedas, mungkin perlu mencoba sambal pencok khas Jember. Sambal pencok merupakan perpaduan sambal terasi dan kacang panjang mentah, yang dicampur layaknya sayur lalapan.

Di kedai sederhana di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Wirolegi, Jember ini olahan sambal pencok bisa anda temukan. Sebagaimana sambal pada umumnya, sambal pencok diolah dari cabe rawit, terasi udang, serta tomat.

Yang membedakan adalah tambahan kacang panjang mentah, yang diiris kecil-kecil lalu dicampur layaknya sayur lalapan. Olahan sambal pencok semakin istimewa karena disandingkan dengan nasi bakar.

Adapun proses pembuatan nasi bakar diawali dengan menyiapkan pincuk daun pisang yang diisi nasi putih. Namun bukan nasi putih biasa tentunya. Di kedai ini nasi putih terlebih dahulu dimasak dengan campuran daun rempah seperti jeruk purut, serai dan daun salam sehingga memiliki aroma dan rasa khas. Selanjutnya nasi ditambah beberapa lauk pendamping semisal serundeng serta tumis pete, lalu dibakar diatas tungku kayu bakar.

Menurut Ika Widiyanti salah satu pembeli, perpaduan sambal pencok dan nasi bakar lengkap dengan aroma rempah menghasilkan menu yang penuh dengan cita rasa. Sangat layak dicoba bagi para penyuka  makanan pedas.

"Campuran kacang panjang dalam sambal pencok, juga menciptakan rasa pedas segar, sehingga sangat cocok dinikmati saat cuaca mendung," kata Widiyanti.

Sementara itu menurut Suhartatik pengelola kedai, harga paduan menu ini juga cukup terjangkau. Yakni hanya Rp 10 ribu untuk nasi bakar biasa per porsi, dan Rp 22 ribu untuk nasi bakar dengan tambahan ayam goreng. (pul)






Berita Terkait

31-01-2017 | 05:15
Nasi Bakar Iwak Pedho, Paduan Ikan Laut dengan Bumbu Tradisional
27-01-2017 | 05:22
Nikmatnya Nasi Bakar Madura Aneka Rasa
13-10-2016 | 22:09
Kuliner Nasi Bakar Sambal Pencok Khas Jember


Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber