Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Tekan Dwelling Time, Kapolda Instruksikan Potong Jalur Perijinan
Kamis, 06-10-2016 | 19:54 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Siang tadi, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Anton Setiadji, beserta Kapolres Tanjung Perak, serta pihak Bea Cukai melakukan inspeksi mendadak ke Terminal Peti Kemas Surabaya. Kedatangan Kapolda secara tiba - tiba ini untuk mengecek secara langsung hasil Tim Satgas Dwelling Time, dalam menekan waktu bongkar muat di Terminal Petikemas Surabaya, seperti yang diharapkan Presiden, yaitu tidak lebih dari 4 hari.

Dalam peninjauan ini, Kapolda menemukan fakta penyebab utama lambatnya proses bongkar muat di pelabuhan adalah pada sistem perijinan di 17 kementerian, yang sampai saat ini masih terpusat di Jakarta. Proses antara Surabaya - Jakarta inilah, yang membuat pengurusan perijinan menjadi lebih lama. 

Untuk itulah, Kapolda akan mengusahakan agar perijinan di tingkat kementerian ini bisa didelegasikan di Surabaya, sehingga bisa memangkas waktu pengurusan antara Surabaya ke Jakarta ini.

Selain itu, sistem lama yang diberlakukan terminal penumpukan petikemas, yang tidak memberikan batasan kepada importir untuk menaruh barangnya di area pelabuhan. Saat ini juga sudah diinstruksikan untuk dirubah. Waktu tunggu barang yang diijinkan saat ini tidak lebih dari 4 hari saja. Jika lebih dari waktu tersebut, maka importir harus segera mengeluarkan barang mereka dari area penumpukan. Jika tidak, maka akan dikenakan sangsi.

Kapolda menambahkan, terkait  instruksi perijinan di Surabaya, saat ini masih akan dikoordinasikan lebih lanjut oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan pemerintah pusat. Jika hal ini bisa direalisasikan, maka optimis proses dwelling time yang saat ini sudah mencapai 3,8 hari, akan bisa ditekan lagi menjadi maksimal 2 atau 3 hari saja.(end)


Berita Terkait


Tekan Dwelling Time, Kapolda Instruksikan Potong Jalur Perijinan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('4677865','2018-04-20','06:09:03','34297','Tekan Dwelling Time, Kapolda Instruksikan Potong Jalur Perijinan ','54.198.122.70','1','desktop')