Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Candi Tegowangi yang merupakan situs peninggalan kerajaan Majapahit, terus menjadi jujugan para wisatawan domestik maupun manca negara. Meskipun demikian, ada sejumlah fasilitas disana yang masih perlu ditambah sehingga para pengunjung lebih nyaman berada disana. Foto Unggul
Candi Tegowangi, Sarat Sejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit
Senin, 03-10-2016 | 20:09
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Candi Tegowangi yang berada di Desa Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri masih mempunyai magnet tersendiri dalam menyedot perhatian pengunjung. Candi peninggalan kerajaan Majapahit itu setiap minggu biasanya dikunjungi masyarakat umum maupun pelajar.

Kedatangan mereka, ada yang untuk sekedar beristirahat, mengambil gambar, foto selvi, maupun ada yang mengerjakan tugas teater. Para pengunjung yang datang baik dari lokal maupun dari luar negeri meskipun jumlahnya bisa dihitung jari.

Petugas Pengelola Candi Tegowangi, Nur Ali mengungkapkan, sebenarnya jumlah pengunjung setiap tahun meningkat, karena pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata. Diakuinya, ada beberapa fasilitas yang kurang, salah satunya tempat duduk, akibatnya para pengunjung duduk diatas rumput.

Untuk diketahui, Candi Tegowangi terletak 4 km dari pusat Kota Pare Kediri. Seperti yang disebutkan dalam kitab paraton, Candi Tegowangi merupakan tempat pendermaan bhre matahun. Candi ini dibangun pada tahun 1.400 di masa Majapahit, karena pendhermaan seorang raja dilakukan 12 tahun setelah sang raja meninggal dengan upacara Srada. (pul)








Berita Terkait


Liburan Idul Adha, Banyak Warga Memilih Mandi di Candi Jolotundo

Tuai Protes dari Budayawan, Lima Kerangka Kuno Dikembalikan Ke Tempat Asal

Wisatawan Mengeluhkan Tiket dan Kebersihan Sekitar Candi

Musim Liburan Candi Penataran Blitar Dipadati Wisatawan


Musim Liburan Candi Penataran Blitar Dipadati Wisatawan

Candi Pari Porong Jadi Jujugan Wisata

Jazz Heritage, Kolaborasi Seni Lukis dan Pahat Digelar di Candi Bajang Ratu

Candi Tegowangi, Sarat Sejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1089143','2017-11-19','23:13:16','34088','Candi Tegowangi, Sarat Sejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit ','54.80.227.189','1','desktop')