Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Penggalian ini untuk membuktikan adanya temuan sejumlah benda purbakala dan sebuah pondasi bangunan yang diduga peninggalan jaman Kerajaan Majapahit. Foto Kris
Balai Arkeologi Jogjakarta Gali Situs Ngurawan Majapahit
Sabtu, 24-09-2016 | 13:21
Oleh : Kriswanto
Madiun pojokpitu.com, Balai Arkeologi Jogjakarta melakukan penggalian situs Ngrawan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo. Situs yang diduga peninggalan jaman Kerajaan Majapahit ini menyimpan berbagai benda purbakala yang ditemukan warga setempat. Bahkan, ditemukan juga sebuah pondasi yang diduga Kedaton Kerajaan Ngurawan.

Dugaan situs peninggalan jaman Kerajaan Majapahit di masa Kerajaan Gelang Gelang, yang dipimpin Raja Sri Dayakatwang, ditemukan di Wilayah Kabupaten Madiun, tepatnya di Dusun Ngrawan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo. Tim dari bala arkeologi Jogjakarta melakukan penggalian disejumlah titik dengan dibantu warga sekitar. Petugas yang berjumlah lima orang tersebut, mulai dengan melakukan pemetaan dan penggambaran lokasi penggalian, dilahan milik Gatot, warga setempat.

Menurut Staf Arkeologi Jogjakarta, Rita Istari, penggalian ini untuk membuktikan adanya temuan sejumlah benda purbakala dan sebuah pondasi bangunan yang diduga peninggalan jaman Kerajaan Majapahit. Selain itu, untuk mensinkronkan adanya sejarah yang konon diwilayah tersebut merupakan adanya sebuah Prasasti Mulawalurung Kerajaan Gelang Gelang.

Dalam penggalian disalah satu titik nampak terlihat sebuah lubangan besar sedalam tiga meter dan didasarnya terdapat sebuah penataan batu bata yang tersusun seperti sebuah kedaton. Sebelumnya, warga juga menemukan sejumlah benda purba kala seperti , gelas dari tanah liat, patung tanpa kepala, lonceng besi, gelas keramik dengan ornamen khas tiongkok dan benda-benda lain yang belum diketahui jenisnya. Penemuan ini sebagai bukti adanya peradaban yang patut mendapat atensi serta sejarah yang tidak boleh terlupakan. (pul)

Berita Terkait


Pemkab Dukung Ekskavasi Situs Ngurawan

Balai Arkeologi Jogjakarta Gali Situs Ngurawan Majapahit

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber