Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Lestarikan Permainan Tradisional, Warga Gelar Lomba Layangan Gapangan
Selasa, 20-09-2016 | 09:26
Oleh : Moch. Asrofi
Blitar pojokpitu.com, Bertujuan untuk melestarikan tradisi sehabis masa panen dan tak ingin hilang tergilas oleh jenis permainan modern, sekelompok pecinta layang-layang di Blitar menggelar lomba layang-layang. Ratusan peserta saling berlomba menerbangkan layangan tradisional jenis gapangan.

Bertempat di lapangan Desa Tawangrejo Kecamatan Garum Kabupaten Blitar , ratusan peserta lomba layang-layang siang tadi beradu ketangkasan untuk mengikuti perlombaan. Satu persatu seluruh peserta saling unjuk kebolehan menerbangkan layang-layang tradisional jenis gapangan. 

Layangan gapangan sendiri adalah sebuah layang-layang berbentuk mirip dengan pesawat terbang. Selain berukuran sangat besar, biasanya pada bagian atas layangan diberi bambu dan pita melengkung, yang bisa mengeluarkan bunyi mendengung. Mirip dengan suara pesawat terbang.

Salah seorang peserta lomba, Bambang Setyawan mengaku, kondisi angin yang tentu membuat dirinya kewalahan, saat menerbangkan layangan gapangan miliknya. Meski demikian akhirnya dirinya tetap bisa menerbangkan layang-layang miliknya. 

Selain penilaian meliputi kerapian, kontruksi layang-layang dan juga suara yang dihasilkan, tim juri perlombaan juga melakukan tahapan penilaian atas, yakni saat penerbangan dan juga keserasian saat berada di udara. Ini dikatakan Ahmad Rosyadi , Panitia Perlombaan. 
Diharapkan dengan digelarnya perlombaan semacam ini, selain bisa menumbuhkan kembali rasa kecintaan terhadap permainan tradisional, juga untuk melestarikan tradisi bermain layang-layang usai penen raya padi tiba.(end)

Berita Terkait


Lestarikan Permainan Tradisional, Warga Gelar Lomba Layangan Gapangan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber