Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tradisi Unik Pasutri Jamaah Haji Naik Kuda Kencak
Selasa, 20-09-2016 | 03:28
Oleh : Syaiful Anwar
Sumenep pojokpitu.com, Beragam tradisi unik dilakukan oleh sejumlah masyarakat dalam menyambut kedatangan Jamaah Haji dari tanah suci Mekkah. Di Kabupaten Sumenep, pasangan suami istri jamaah haji diarak sejauh 1 kilometer dengan menaiki kuda kencak yang berjoget sambil diiringi musik rebana menuju kediamannya. Tradisi unik ini, disambut meriah oleh warga sekitar yang sengaja datang untuk melihat atraksi kuda kencak yang dinaiki pasutri jamaah haji ini.

Sebelum kasuk ke kediamannya, Ali Mukhsin dan Ida Pasangan suami istri jamaah haji warga Desa Kalebbengan, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, menaiki kuda kencak yang berjoget sambil diiringi musik tradisional rebana. Keduanya diarak sejauh 1 kilometer menuju kediamannya.

Tradisi unik ini disambut meriah oleh warga sekitar, mereka datang berbondong-bondong untuk mengiringi dan menyaksikan kedua pasangan suami istri ini. Saat menaiki kuda kencak yang berlenggok-lenggok menuju kediamannya. Bahkan ketika sampai di kediamannya, kuda pun beratraksi mulai dari berjoget, berdiri hingga duduk bersimpuh sambil diiringi musik tradisional rebana.

Setiap tahunnya, tradisi jamaah haji naik Kuda Kencak ini dilakukan turun temurun oleh masyarakat di desa ini. Setiap kedatangan jamaah haji dari tanah suci Mekkah. Termasuk pasangan suami istri ini. Mereka rela mengeluarkan biaya cukup banyak kurang lebih sekitar Rp 50 juta. Penyambutan jamaah haji ini, dilakukan selama tujuh hari ke depan.(end)

Berita Terkait


Tradisi Unik Pasutri Jamaah Haji Naik Kuda Kencak

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber