Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Lestarikan Tradisi, Pemkot dan FORMI Gelar Lomba Permainan Tradisional
Senin, 19-09-2016 | 05:22 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Banyak bermunculan permainan berbasis IT, membuat permainan tradisional kian dilupakan. Untuk kembali mengangkat tradisi tersebut, Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Surabaya menggelar lomba, seperti balap klompen, enggrang, tarik tambang dan senam.

Lucu dan seru, mewarnai aksi para pemuda, warga Jambangan saat mengikuti lomba permainan tradisional tarik tambang yang digelar, Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Surabaya, pagi tadi. Dalam lomba ini, kekompakan tim untuk menarik tambang sangat dibutuhkan, agar bisa memenangkan lomba.  

Selain itu, lomba klompen juga tak kalah menariknya. Permainan ini malah mengundang galak tawa warga yang menyaksikan. Bagaimana tidak, setiap tim yang dimainkan oleh 4 orang ini, harus bersusah payah memadukan irama kaki untuk melajukan klompen hingga di garis finish. Bahkan tak sedikit dari peserta harus tersungkur, ketika melajukan klompen tersebut.

Tak hanya melombakan tarik tambang dan klompen raksasa. Permainan enggrang yang kini semakin jarang dijumpai, juga ikut dilombakan. Kegiatan ini rupanya mendapat perhatian dari Wakil Walikota Surabaya, Wisnu Sakti Buana. Menurutnya, tradisi permainan tradisional perlu dilestarikan, sehingga generasi muda tak gampang terpengaruh dengan aksi radikalisme, yang saat ini menyasar di kalangan pemuda.

Wisnu menambahkan, ke depannya kegiatan ini akan menjadi agenda Pemerintah Surabaya bersama FORMI, dengan harapan bisa menciptakan suasana guyup dan rukun di masyarakat.(end) 

Berita Terkait


Warga Menikmati Kebersamaan dengan Kebhinekaan Melalui Lomba Permainan Tradisional

Lestarikan Tradisi, Pemkot dan FORMI Gelar Lomba Permainan Tradisional

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber