Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Sejumlah SDN Krisis, Sebuah Sekolah Hanya Memiliki 17 Siswa
Sabtu, 03-09-2016 | 11:48
Oleh : Syaiful Anwar
Sumenep pojokpitu.com, Kondisi dunia pendidikan di Kabupaten Sumenep, Madura sungguh memprihatinkan. Pasalnya, terdapat sebuah Sekolah Dasar Negeri, mengalami krisis dan hanya memiliki 17 siswa. Bahkan kelas 4 dan 5 tidak ada siswanya sama sekali.

Hal ini dialami SDN Lembung Barat, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep. Beberapa tahun terakhir jumlah siswanya terus merosot. Sebagian besar siswanya diantar oleh orang tuanya, bahkan sebagian siswa kelas satu harus di temani oleh orang tuanya selama mengikuti pelajaran.  

Iskandar, Kepala SDN Lembung Barat menjelaskan, selama ini pihak sekolah sudah berusaha maksimal mencari siswa setiap menjelang tahun ajaran baru, namun sebagian masyarakat lebih memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta. Padahal jumlah guru di sekolah ini sangat cukup, guru pegawai negeri sipil ada 6 orang dan guru honorer 4 orang.  

Sementara itu Shadik, Kepala Dinas Pendidikan Sumenep menyatakan, kondisi minimnya siswa di sekolah ini, sebenarnya sudah diketahui oleh Dinas Pendidikan. Namun masih tetap dipertahankan, karena merupakan Sekolah Dasar Negeri satu-satunya di desa tersebut.

Dinas Pendidikan Sumenep mengaku persoalan kekurangan siswa hampir merata di semua sekolah dasar di Kabupaten Sumenep, termasuk di wilayah kepualuan.  

Shadik membantah banyaknya sekolah dasar yang kekurangan murid, disebabkan pelayanan pendidikan di sekolah negeri yang tidak maksimal. (mud) 

Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber