Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Sapi Masuk Salon Agar Tampil Mempesona
Kamis, 01-09-2016 | 19:17 wib
Oleh : Agus Bondan , Muhammad Imron Danu
Tulungagung pojokpitu.com, ngin tampil lebih sehat, segar, dan muda , sehingga membuat terpesona bagi yang melihatnya , tidak hanya dilakukan oleh manusia saja. Di Tulungagung, terdapat salon kecantikan keliling khusus bagi ternak sapi dan di salon keliling ini, ternak sapi yang dijual untuk hewan qurban akan tampil lebih menarik, sehat, dan muda, serta dapat mendongkrak harga, hingga Rp 500 ribu per ekor .

Aktivitas Nur Rohman, warga Desa Kauman, Kecamatan Kauman, Tulungagung,  membuka salon kecantikan keliling khusus untuk ternak sapi di Pasar Hewan Beji, Kecamatan Boyolangu, agar sapi tampil menarik, sehat, dan nampak lebih muda, yang dijual untuk hewan qurban ataupun untuk dipelihara. 

Salon keliling untuk ternak sapi ini, selayaknya salon kecantikan manusia, yang menawarkan manicure pedicure pada tanduk dan kuku ternak sapi. Dibantu tiga orang anaknya, Nur Rohman , yang menekuni usaha salon keliling khusus untuk ternak sapi, sejak puluhan tahun lalu. 

Di salonnya ini, tidak semua bagian tubuh ternak sapi yang dibersihkan, namun yang dibersihkan hanya pada bagian tanduk dan kuku kaki saja . Sedangkan alat perlengkapan salon yang dibawa Nur Rohman, tidaklah seperti salon kebanyakan, namun yang dibawa, yakni gergaji, pahat, sabit, palu atau martil, gerinda, dan batu asah. 

Pada bagian tanduk, tidak hanya membersihkan kotoran yang melekat pada tanduk, namun juga menyempurnakan bentuk tanduk agar lebih rapi, bersih, dengan cara digergaji, digerinda, kemudian dirapikan dengan kertas ampelas. Sedangkan pada bagian kuku, kuku yang pertumbuhan terlalu panjang, dan bagian bawah kuku, permukaannya tidak rata, di potong menggunakan pahat , palu , sabit , serta gerinda untuk merapikan kuku . 

Menurut Nur Rohman, menjelang Hari Raya Idul Qurban, seperti saat ini, salonnya laris  dan permintaan datang dari para pedagang sapi di pasar hewan untuk membersihkan tanduk dan kuku, sehingga tampilan sapi yang dijual lebih menarik dan cepat laku. 

Tarif salon yang dipatok, yakni untuk membersihkan tanduk sebesar Rp 20 ribu dan untuk kuku Rp 20 ribu, sedangkan perawatan komplit , tanduk dan kuku , sebesar Rp 40 ribu per ekor. Jika dirinya dipanggil ke rumah pemilik sapi, perawatan komplit  tarifnya Rp 100 ribu per ekor . 

Jasa salon ini sangat diminati pemilik sapi, terutama menjelang Hari Raya Kurban. Menurut pemilik ternak sapi, dengan melakukan perawatan terhadap ternak sapinya di salon khusus sapi, selain sapi yang dimilikinya , akan lebih bersih dan menarik , juga dapat mendongkrak harga jual sapi , yakni sekitar Rp 500 ribu per ekor . 

Sementara itu, menurut Ifana Syahada , Dokter Hewan Disnak Tulungagung, bahwa perawatan pembersihan kuku pada ternak sapi memang mutlak harus dilakukan , agar kuku yang panjang dan tidak rata pada bagian permukaan bawah kuku dapat dirapikan , sehingga hidup ternak sapi merasa nyaman , serta dapat menambah bobot sapi . 

Selain itu juga , dapat membersihkan kuku dari bakteri, penyebab penyakit foot rot atau busuk kuku dan dilakukan pada ternak sapi sekitar 6 bulan sekali . 

Hewan yang bersih dan bebas dari segala jenis penyakit merupakan salah satu syarat mutlak bagi hewan kurban. Dengan adanya salon ini, para peternak sapi dimudahkan untuk melakukan perawatan, terhadap hewan kurbannya. (end)




Berita Terkait


Sapi Masuk Salon Agar Tampil Mempesona


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber