Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ribuan Warga Ponorogo Gelar Bersih Desa Dengan Sapu Lidi
Minggu, 28-08-2016 | 02:47 wib
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Ribuan warga di Kabupaten Ponorogo menggelar Bersih Desa dengan menggunakan sapu lidi dan keliling kampung halamannya. Selain berharap agar desanya terhindar dari malapetaka, warga berharap supaya kerukunan warga terjaga.

Dengan menggunakan sapu lidi, ribuan warga Desa Winong, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo melakukan bersih desa keliling kampung. Bersih desa ini dilakukan cukup unik, sebab hanya menggunakan sapu lidi, warga mempercayai seluruh malapetaka di desanya akan hilang.

Ritual ini merupakan bentuk tradisi baru yang merupakan ide gagasan dari beberapa tokoh spiritual dan tokoh masyarakat Desa Winong. Bersih Desa ini untuk menumbuhkan jiwa kebersamaan masyarakat Desa Winong,  serta mewujudkan Desa Winong Mukti Wibowo, Nyokrowati, Bahu Bendho, Hanjayeng Bawono dan  kegiatan ini juga dalam rangka memperingati HUT RI ke 71 di Desa Winong.

Ritual ini bertujuan melestarikan budaya dan seni tradisional serta mempererat tali silaturahmi masyarakat Desa Winong. Bersih desa ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan Desa Winong, agar terciptanya kerukunan dan kebersamaan warga Desa Winong terjaga. Demikian dikatakan Joko Susanto , Plt Kepala Desa Winong.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Winong, ritual sapu jagad yang dilaksanakan Desa Winong ini. Pelaksanananya seluruh masyarakat Desa Winong menyapu seluruh wilayah Desa Winong secara estafet mengelilingi wilayah desa.(end)


Berita Terkait


Ribuan Warga Ponorogo Gelar Bersih Desa Dengan Sapu Lidi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber