Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Nikmatnya Kikil Sapi Khas Surabaya
Selasa, 24-03-2015 | 12:22 wib
Oleh : Pulung Aji
pojokpitu.com, Kikil sapi adalah suatu olahan yang bahan utamanya adalah kaki sapi. Di bagian kaki terdapat sesuatu yang serupa daging yang dinamakan kikil dan cecek yang diolah tanpa santan sama sekali. Ya, khusus di Surabaya, umumnya diolah dengan ramuan yang lebih ringan. Sedangkan di daerah di luar Jawa Timur, kikil sapi dimasak dengan dibarengi santan kelapa.

Beberapa bumbu khas dapur seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan jinten (biasanya disebut juga bumbu jangkep/bumbu lengkap) merupakan pembentuk rasa utama sop kikil Jawa Timuran. Sehingga tetap menghasilkan rasa yang lezat plus nikmat tanpa menambahkan santan, karena santan sendiri kurang baik bagi penderita kolesterol (dan juga asam urat)

Dari aromanya, jelas tercium kalo sup kikil ini menggunakan ketumbar dan jinten sebagai salah dua bumbu rahasianya. Seruputan pertama pun digencarkan. Benar saja, warna kuah yang merah ini sama sekali tidak tarasa pedas. Malahan gurihnya bawang putih yang mulai menghipnotis saya untuk melakukan seruputan berikutnya.

Tapi hal ini terpaksa ditunda. Pasalnya, potongan kikil yang berendam cantik di depan mata ternyata lebih mampu membangkitkan birahi untuk segera diayunkan ke dalam mulut. Wah, kikilnya ternyata tidak kalah yahud! Racikan bumbu sabagai kuah tadi ikut meresap sempurna ke dalam serat si kikil. Jadilah kecepatan makan saya bertambah kira-kira menjadi di atas 100 km/jam. Oh ya, jika suka pedas Anda bisa menambahkan sambel kacang atau bumbu lain seperti bawang daun, kecap manis, dan kecap asin untuk kesesuaian rasa. Pokoknya, apapun campurannya, kikil yang diolah dari kaki sapi ini nikmatnya bisa sampai ujung kaki kita. (pul)



Berita Terkait


Nikmatnya Kikil Sapi Khas Surabaya


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber