Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Wow . . Dua Mahasiswa Asing Baca Berita Bahasa Jawa
Rabu, 17-08-2016 | 17:43 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Berbeda dengan tahun lalu, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Universitas Airlangga berlangsung lebih semarak. Usai upacara bendera HUT Kemerdekaan, Unair menggelar lomba yang juga diikuti oleh sejumlah mahasiswa asing. Lomba unik yang digelar, di antaranya dayung debog, yel-yel dan presenter berita Bahasa Jawa.

Puluhan peserta lomba dayung debog atau batang pohon pisang ini tampak bersemangat saat berusaha mencapai garis finish. Untuk mendayung hingga mampu meraih bendera dan mencapai garis finish memang butuh perjuangan berat.
 
Sejumlah peserta yang tak tahu teknik mendayung, terpaksa terguling dari debog. Bahkan para peserta harus mendayung debog dengan cara mundur.
 
Lomba debog yang digelar di danau Kampus C Unair ini berlangsung meriah dan menjadi tontonan warga sekitar. Tak hanya lomba dayung debog, dua lomba ini juga mengundang tawa para penonton. Dua lomba ini diantaranya lomba yel-yel dan presenter berita Bahasa Jawa.
 
Menariknya, dua lomba ini juga diikuti oleh para pimpinan civitas akademika Unair dan sejumlah mahasiswa asing dari Australia serta Jerman. Dua mahasiswa asing yang mengikuti lomba presenter berita Bahasa Jawa ini diantaranya Katherina asal Australia dan Yusra dari Jerman.
 
Meski tak fasih Bahasa Indonesia dan Jawa, namun dua mahasiswa ini tak ingin ketinggalan. Hasilnya, logat Jawa di bibir dua mahasiswa asing membuat para penonton terpingkal-pingkal karena ejaan dan logat Jawa yang sangat rumit.
 
Prof Muhammad Nasih, Rektor Unair, berharap peringatan HUT Kemerdekaan RI ke - 71 ini mampu memberikan semangat untuk menghidupkan Bahasa Jawa agar makin lestari. Selain itu, perlombaan ini diharapkan mampu membuat guyub di lingkungan kampus.(end)
 

Berita Terkait


Wow . . Dua Mahasiswa Asing Baca Berita Bahasa Jawa

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber