Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Mungkin Ana Fatonah, salah satu generasi muda bangsa yang bisa menjadi inspirasi, bahwa yang muda juga bisa berkarya. Foto Farid
Gaun Malam Unik Berbahan Biji dan Ampas Kopi
Sabtu, 13-08-2016 | 12:25 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Siapa sangka biji dan ampas kopi bekas diminum bisa untuk gaun bernilai seni tinggi. Di Probolinggo, seorang mahasiswi berhasil mendesign gaun malam dengan motif biji dan ampas kopi. Al hasil gaun tersebut begitu cantik dan anggun saat dipakai.

Gaun malam, karya Ana Fatonah, (21), warga Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, sekilas gaun seperti gaun-gaun malam pada umumnya. Namun jika diperhatikan lebih lanjut, gaun malam dari kain blacu ini bermotif kopi dan ampas kopi.

Meski terbuat dari kopi alami dan ampas kopi bekas diminum, keduanya berhasil disulap menjadi barang berharga, hingga menjadi bahan motif gaun malam yang sangat anggun. Gaun malam ini dinamakan Java Robusta Vlokken. Dimana kelopak bunga terbuat dari ampas kopi yang sudah diminum, serta biji Kopi Robusta yang belum disangrai.

Proses pembuatan gaun ini ternyata sangat mudah. Yakni serbuk kopi atau ampas kopi yang didapat dari kafe-kafe dikeringan. Selanjutnya serbuk kopi dilem diatas plastik yang berbentuk kelopak bunga. Usai dijemur, baru dicat pakai pernis. Langkah selanjutnya, ampas kopi yang sudah berbentuk kelopak bunga ditempel sesuai dengan kemauan dari sang designernya.

Menurut Ana Fatonah, ide gaun itu berawal dari dirinya sering ngopi di kafe saat usai kuliah. Dari sana ide muncul dan membuat gaun bermotif kopi dan ampas kopi.

"Nama gaun Java Robusta Vlokken diberikan untuk mengapresiasi Pulau Jawa sebagai penghasil komoditi kopi robusta," kata Ana.

Gaun cantik ini rencananya akan dipakai pada perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus nanti, atau tepatnya pada even Karnafal Kabupaten Probolinggo. (pul)

Berita Terkait


Gaun Malam Unik Berbahan Biji dan Ampas Kopi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber