Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Pangarmatim Lepas Pasukan Perdamaian ke Lebanon
Kamis, 11-08-2016 | 15:45 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Untuk kesembilan kalinya, di tahun 2016 ini, Armada RI Kawasan Timur, kembali memberangkatkan pasukan perdamaian ke Lebanon. Nantinya, pasukan perdamaian yang tergabung dalam Satuan Tugas Maritim TNI Konga II 8 I, akan bertugas selama satu tahun menjaga perdamaian dan menjaga wilayah perbatasan Lebanon.

Pelepasan satuan tugas (satgas) TNI ini dilakukan di Dermaga Madura Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) melalui prosesi upacara pelepasan. Pengiriman pasukan perdamaian ini merupakan yang kesembilan kalinya oleh TNI Angkatan Laut. Namun, pengiriman pasukan tahun ini berbeda dengan sebelumnya, lantaran pasukan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat udara. Padahal sebelumnya, pemberangkatan pasukan selalu dilakukan dengan kapal perang. 

Pangarmatim, Laksda TNI Darwanto mengatakan, pemberangkatan dengan menggunakan pesawat ini lebih menghemat anggaran, yang sebagian diambil dari APBN dan sebagian dari PBB. Darwanto menambahkan, nantinya pasukan perdamaian ini akan bertugas selama satu tahun menjaga perdamaian dan menjaga wilayah perbatasan Lebanon. 

Satgas Maritim TNI, Maritime Task Force merupakan gugus tugas di bawah Unifil, akan melaksanakan pengamanan area maritime operations di perairan Mediteranian Timur. Pasukan ini akan berhadapan dengan Teritorial Waters Lebanon dan Israel yang bertugas mencegah upaya penyelundupan senjata atau benda ilegal lainnya dari dan menuju Lebanon, yang berpotensi merusak upaya perdamaian. (end)

Berita Terkait


Lanudal Juanda Kirim 7 Pasukan Perdamaian Ke Lebanon

Pangarmatim Lepas Pasukan Perdamaian ke Lebanon

Mengharukan.. Pasukan Perdamaian Telah Datang Dari Lebanon

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber