Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Bupati Magetan Sumantri
Pemkab Magetan Akan Kelola Limbah Kulit Agar Tak Kotori Sungai
Kamis, 11-08-2016 | 14:23 wib
Oleh : M.Ramzi
Magetan pojokpitu.com, ada kritik pedas dari ketua KPK Agus Rahardjo soal pencemaran sungai akibat limbah kulit, ditanggapi serius oleh Pemkab Magetan. Bupati Magetan berencana akan mengolah limbah kulit agar tidak lagi mengotori sungai.

Saat ini kondisi sungai gandong yang melewati Kota Magetan sudah tidak jernih lagi, akibat limbah pengolahan kulit dari pabrik kulit. Baik dari lingkungan industri kulit, atau LIK, maupun dari pabrik penyamakan kulit Carma Yasa. Setiap hari cerobong di pinggir sungai mengeluarkan limbah dari pengolahan kulit.

Melihat hal itu Bupati Magetan Sumantri, mengatakan pencemaran sungai lebih banyak ditimbulkan pembuangan limbah kulit Carma Yasa, yang berada di pinggir aliran sungai gandong. Sementara lingkungan industri kulit, atau LIK sudah bisa meminimalisir dampak pencemaran sungai .

Menurut Sumantri, ada dua opsi untuk mengatasi persoalan tersebut. Pertama manajemen pengolahan limbah tidak melewati sungai gandong seperti selama ini. Atau pemindahan pabrik penyamakan kulit. akan tetapi,  pemindahan lokasi penyamakan kulit sulit dilakukan, sehingga opsi pertama akan dipilih.,

"Selama ini, masyarakat  mengeluhkan bau yang ditimbulkan pencemaran sungai gandong yang tidak bisa digunakan akibat limbah kulit," kata Sumantri. (pul)

Berita Terkait


Saran Pemkab Bukan Solusi Bagi Pengusaha Kulit Magetan

Pemkab Magetan Akan Kelola Limbah Kulit Agar Tak Kotori Sungai

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber