Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Pemkab Blitar Gelar Kirab Tumpeng Sebagai Doa Tolak Balak
Jum'at, 05-08-2016 | 14:20
Oleh : Moch.Asrofi
Blitar pojokpitu.com, Menandai hari jadi yang ke 692, Pemerintah Kabupaten Blitar, menggelar ritual adat Kirab Tumpeng Bersih Nagari. Kirab tumpeng ini selain dimaksudkan sebagai perwujudan rasa syukur atas karunia yang telah di berikan Tuhan, juga sebagai doa tolak balak agar masyarakat Kabupaten Blitar selalu diberi keselamatan.

Prosesi kirab Tumpeng Bersih Nagari, diawali dengan melakukan kirab panji-panji kebesaran serta foto-foto tokoh yang dulu menjabat sebagai Bupati Blitar, yang dikawal oleh prajurit serta para pager ayu.

Di belakang rombongan pengiring panji, juga diusung dua tumpeng, yakni Tumpeng Lanang yang terbuat dari nasi kuning lengkap dengan laup pauknya, serta Tumpeng Wadon yang terbuat dari buah-buahan.  

Dua tumpeng itu sebagai ungkapan rasa sukur atas kemakmuran yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada masyarakat Blitar. Sekaligus sebagai perwujudan doa agar datangnya musim kemarau kali ini, tidak membawa malapetaka bagi masyarakat blitar, seperti kekeringan.  

Sesampainya di pendapa agung, rombongan kemudian disambut oleh bupati dan wakil bupati Blitar, Rijanto dan Marheinis, serta Ketua DPRD. Selanjutnya, panji-panji kebesaran Pemkab Blitar disimpan di pendopo.  

Selanjutnya, dua buah tumpeng langsung dibawa ke alun-alun untuk diperebutkan warga. Warga mengaku akan mendapat berkah, jika berebut tumpeng. Seperti berkeh selematan, kesehatan dan banyak rejeki.  

Menurut Rijanto, Bupati Blitar kegiatan ini sebuah tradisi masyarakat. Kirab tumpeng bersih nagari selalu memiliki daya tarik dalam pengembangan pariwisata, karena kekhasannya yang tidak dimiliki daerah lain. (pul)      

Berita Terkait


Pemkab Blitar Gelar Kirab Tumpeng Sebagai Doa Tolak Balak

Usai Dikirap Tumpeng Kemerdekaan Jadi Rebutan Warga

Tradisi Kirap Tumpeng Ketupat Coklat Diminati Wisatawan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1691768','2017-12-12','11:47:04','31405','Pemkab Blitar Gelar Kirab Tumpeng Sebagai Doa Tolak Balak','54.227.127.109','1','desktop')