Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Gubernur Telah Tanda Tangani Perda Pelarangan Mihol
Jum'at, 29-07-2016 | 16:24 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Kejelasan perda pelarangan mihol di Kota Surabaya mulai tampak karena Gubernur Jawa Timur telah menandatangani dan mengirimkan kembali perda itu pada Pemerintah Kota Surabaya. Namun meski berjudul pelarangan, perda tersebut mengacu pada pemerintah pusat yang memperbolehkan peredaran mihol dengan batasan tertentu.

Proses pengesahan perda mihol Kota Surabaya mulai mendapat titik terang. Ini karena Gubernur Jawa Timur telah menanda tangani dan mengirim kembali perda pelarangan mihol  pada Pemkot Surabaya untuk ditindaklanjuti, sesuai rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi Jatim. Perda itu dikirim pada Senin lalu.

Menurut Gubernur Jawa Timur , Soekarwo, perda ini tetap memakai judul semula, yaitu pelarangan minuman beralkohol, namun bukan berarti semua dilarang karena ada aturan yang memperbolehkan peredaran minuman itu dengan batasan tertentu. 

Aturan itu dalam Peraturan Presiden nomor 74 tahun 2013 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol dan Peraturan Menteri Perdagangan nomer  6 tahun  2015 , tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Mengenai substansi  apa saja dibatasi  dalam perda itu akan ditentukan oleh pihak Pemerintah Kota Surabaya, yaitu Walikota. Namun penentuan itu harus mengacu pada peraturan pusat yang berlaku.

Soekarwo menambahkan, persetujuan ini atas dasar aspek sosiologi, karena sudah banyak memakan korban atau memicu terjadinya tindak kriminal akibat peredaran mihol. Apalagi saat ini jenis mihol semakin beragam dan tidak terkontrol, salah satunya seperti oplosan atau cukrik.(end)

Berita Terkait


Dewan Pertanyakan Perda Pelarangan Mihol ke Pemkot Surabaya

Gubernur Telah Tanda Tangani Perda Pelarangan Mihol


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber