Berita Terbaru :
   

Anomali Cuaca, Peternak Bebek Petelur Terpuruk
Metropolis  Sabtu, 23-07-2016 | 05:25 wib
Reporter : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Saudara, dampak anomali cuaca yang melanda Indonesia tidak hanya dikeluhkan kelompok nelayan maupun pedagang ikan laut. Anomali cuaca juga dikeluhkan oleh petenak bebek petelur di Kabupaten Sidoarjo. Peternak mengeluh akhir-akhir ini produksi telur menurun dan bebek banyak yang sakit hingga mati.

Sentra peternak bebek petelur yang terletak di Desa Kebonsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, yang seharusnya pada bulan ini bisa mengeruk keuntungan karena musim panas, justru mengalami penurunan keuntungan.
 
Gagal panen peternak bebek disebabkan terjadinya anomali cuaca yang beberapa hari ini terjadi di wilayah Pulau Jawa. Peternak mengeluhkan karena dampak cuaca produksi telur bebek menurun hingga 50 persen. Tidak hanya mengalami penurunan produksi telur, bebek-bebek mereka juga terserang penyakit hingga mengalami kematian.
 
Beberapa peternak bebek yang ada di Desa Kebonsari adalah Sulaiman dan Musollin. Mereka mengaku, pada hari biasanya mereka mampu menghasilkan 800 hingga 1000 butir telur per hari. Semenjak terjadinya anomali cuaca produksi telur menurun hanya 400 hingga 600 butir per harinya.
 
Untuk mengantisipasi bebek terserang penyakit, peternak menggunakan cara tradisional dengan mencampur makanan bebek dengan kunyit. Sementara untuk menggenjot produksi telur, peternak di Desa Kebonsari memberi pakan tambahan kupang dan kepala udang.
 
Di Desa Kebonsari Kecamatan Candi sendiri, jumlah peternak bebek saat ini sebanyak 40 hingga 45 peternak, sedangkan jumlah populasi bebek 50 ribu hingga 100 ribu ekor. Sementara produksi telur mencapai 40 ribu hingga 80 ribu telur per harinya. Jumlah itu belum mencukup untuk memasok telur bebek ke seluruh Jawa Timur dan luar Jawa.
 
Peternak bebek petelur berharap agar pemerintah Kabupaten Sidoarjo memberi perhatian lebih kepada mereka akibat dampak anomali cuaca ini. Untuk menyiasati menurunnya produksi telur, peternak memasak sendiri telur-telur bebek untuk kemudian dijual karena harganya lebih mahal jika dijual dalam kondisi masih mentah.(end)

Berita Terkait

Anomali Cuaca, Peternak Bebek Petelur Terpuruk
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Viral, Wakil Bupati Sidoarjo Ikut Memakamkan Pasien Positif Corona
Pojok Pitu

Seorang Dokter Sidoarjo Tertular Virus Covid 19, Satu Perawat PDP
Pojok Pitu

Gubernur Jatim Takziah ke Kediaman Ibunda Presiden Jokowi
Jatim Awan

Santri di Jombang Gelar Sholat Ghoib Ibunda Presiden
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber