Berita Terbaru :
Telegram Kembangkan Fitur Reaksi Pesan
Usai Lebaran Harga Bawang Merah Capai Rp 41 Ribu
Bursa Transfer: Pogba ke Juventus, Eks Pelatih Milan ke MU
Rapid Tes di Warkop, Seorang Pengunjung Dinyatakan Reaktif
   

Memprihatinkan, Begini Nasib Relawan Penjaga Perlintasan Kereta Api
Life Style  Kamis, 14-07-2016 | 08:34 wib
Reporter : Herpin Pranoto
Magetan pojokpitu.com, Tak hanya para aparat, yang berjasa mengamankan jutaan pemudik, saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2016. Para relawan penjaga perlintasan kerata api, juga telah menyelamatkan banyak nyawa pemudik, saat menyeberang di perlintasan kereta api tak berpalang pintu. Namun nasib mereka, hingga kini kebanyakan hidup di bawah garis kemiskinan.

Suasana arus lalu lintas di perlintasan kereta api, yang berada di jalur alternatif Ngawi menuju Magetan sangat ramai. Mulai dari kendaraan roda dua hingga kendaraan angkutan, hilir mudik melintas di perlintasan kereta api,  yang tidak berpalang pintu tersebut. 

Sartono, salah satu relawan penjaga perlintasan kereta api, sedang sibuk mengatur arus lalu lintas, selayaknya polisi, demi mencari nafkah. Dengan menggunakan rambu tanda bahaya, dia mengatur arus lalu lintas, memberikan informasi kedatangan kereta api, serta menghentikan arus kendaraan.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, para relawan ini hanya mengandalkan belas kasihan dari para pengendara. Padatnya arus kendaraan, juga ikut membuat pendapatan para relawan penjaga perlintasan kereta api tak berpalang pintu, ikut meningkat. Jika dihari biasa sehari hanya mendapatkan Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu, sekarang bisa mengantongi uang sampai Rp 100 ribu.

Pekerjaan mulia tersebut sudah dilakukan Sartono dengan relawan lainnya, selama puluhan tahun. Bahkan saat Lebaran, lelaki ini lebih banyak meluangkan waktu di perlintasan kereta api,  daripada bersilahturahmi dengan keluarga.

Selain di perbatasan Magetan dan Ngawi, masih banyak perlintasan kereta api, yang tidak berpalang pintu. Berkat keberadaan mereka, selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2016, tidak terjadi kecelakaan maut yang terjadi di perlintasan kereta api.(end)

Berita Terkait

Memprihatinkan, Begini Nasib Relawan Penjaga Perlintasan Kereta Api
Berita Terpopuler
Rapid Tes di Warkop, Seorang Pengunjung Dinyatakan Reaktif
Kesehatan  3 jam

Bursa Transfer: Pogba ke Juventus, Eks Pelatih Milan ke MU
Sepak Bola  2 jam

Usai Lebaran Harga Bawang Merah Capai Rp 41 Ribu
Ekonomi Dan Bisnis  1 jam



Cuplikan Berita
Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
Pojok Pitu

Satu Keluarga Tersapu Ombak, Satu Orang Tewas, Satu Lagi Hilang
Pojok Pitu

Ini Syarat Kuota Khusus Untuk Putra-Putri Tenaga Kesehatan Covid 19
Jatim Awan

Klaster Gowa Menambah Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Bondowoso
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber