Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Begini Cara Warga Menguburkan Ikan Paus
Jum'at, 17-06-2016 | 20:42 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Lumajang pojokpitu.com, Setelah diteliti oleh Tim Kedokteran Unair serta dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akhirnya pada Jumat siang (17/6), 12 bangkai paus jenis pilot whale sirip pendek dikuburkan di sekitar muara sungai Desa Pesisir, Kecamatan Gending, Probolinggo, Jawa Timur. Ada yang unik saat proses penguburan. Paus-paus tersebut diberi kain kafan serta diberi batu nisan. Menurut kepercayaan warga, dengan diberi batu nisan, nelayan akan dijauhkan dari mara bahaya.

Dengan menggunakan alat berat, 12 paus yang sudah mati ini siap untuk dikuburkan. Tempat penguburan sendiri ditempatkan di sekitar muara sungai Desa Pesisir, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.
 
Pengerukan tanah sedalam 4 meter dengan panjang 15 meter serta lebar 7 meter nantinya akan ditempati bangkai paus-paus tersebut. Satu per satu bangkai paus ini dimasukkan ke dalam tanah.
 
Sebelum ditutup tanah, paus tersebut diberi kain kafan tepat di atasnya. Tak hanya sampai disana, warga juga menaburkan bunga. Selanjutnya paus ini ditutup tanah. Usai dikubur, warga kemudian memberi dua batu nisan di sisi utara dan disisi selatan.  Akhirnya, anggota TNI serta tim gabungan melakukan tabur bunga.
 
Menurut Sanemo, Kepala Desa Pesisir, warga Pesisir Probolinggo memang selalu menguburkan kalau ada ikan atau paus mati terdampar. Bahkan, tak hanya dikuburkan, paus atau hiu mati terdampar juga diberi kain kafan serta ditancapkan batu nisan, layaknya kuburan manusia.
 
Menurut Danramil Gending, Kapten Infantri Made Lugianta, untuk sementara proses pencarian terhadap paus yang sempat terdampar 3 hari lalu dihentikan. Diharapkan kepada warga atau nelayan yang melihat ada paus terdampar segera menghubungi petugas terdekat.(end)
 

Berita Terkait


Diduga Sudah Lebih Seminggu, Ikan Paus Terdampar di Pantai Selatan

Bangkai Ikan Paus Terdampar di Pantai Selatan

Begini Cara Warga Menguburkan Ikan Paus


Ikan Paus Berukuran 25 Meter Terdampar di Perairan Jangkar

Ikan Paus Tersangkut Jaring Nelayan Jadi Tontonan Warga

Begini Cara Warga Menguburkan Ikan Paus

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber