Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Tingginya permintaan bedug di tempatnya itu terjadi hampir setiap tahun terutama saat bulan puasa. Foto Asrofi
Bulan Ramadhan Membawa Berkah Bagi Perajin Bedug
Rabu, 15-06-2016 | 13:44 wib
Oleh : Moch.Asrofi
Blitar pojokpitu.com, Bulan Ramadhan membawa berkah tersendiri bagi perajin bedug asal Kabupaten Blitar. Selama bulan Ramadhan, pesanan bedug meningkat hingga seratus persen lebih, hingga membuat para pengerajin kewalahan.

Salah satunya usaha bedug milik Maskuri (47), warga Desa Jeding, Kecamatan Sanan Kulon, Kabupaten Blitar. Pada bulan Ramadhan ini, para karyawan harus bekerja lembur, untuk memenuhi target dari para pemesan. Selama bulan Ramadhan ini, Maskuri terus kebanjiran pesanan bedug untuk kelengkapan rumah ibadah seperti masjid ataupun musholla dari berbagai daerah di Indonesia.

Pesanan berasal dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Semarang, Surabaya, Madura dan Malang. Tak heran jika setiap hari di tempat Maskuri, nyaris tidak perna sepi. Setiap hari, Maskuri dan para karyawannya harus bekerja ekstra, guna menyelesaikan pesanan yang diterimanya harus selesai tepat waktu.

Menurut Maskuri, tingginya permintaan bedug di tempatnya itu terjadi hampir setiap tahun terutama saat bulan puasa.

"Karena banyaknya permintaan, sempat kewalahan, saat ini jumlah pesanan yang saya terima hampir 100 buah bedug yang harus selesai sebelum Lebaran, dengan omset hampir Rp 1 miliar," kata Maskuri.

Selain banyak pemesan yang datang langsung ke tempatnya, juga banyak pesanan yang datang melalui online. Bedug yang diproduksi Maskuri memiliki berbagai macam ukuran, yang semuanya berbahan kayu. Seperti kayu Mahoni, kayu Trembesi dan kayu Jati.

Kulit bedug digunakan berasal dari kulit sapi, kulit kerbau, menjangan dan kijang. Ukuran bedug yang dibuat Maskuri, mulai 0,5 meter, sampai ukuran yang paling besar berdiameter 1,3 meter, dengan harga mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 45 juta. (pul)

Berita Terkait


Bulan Ramadhan Membawa Berkah Bagi Perajin Bedug


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber