Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Masjid dengan ornamen berukiran khas Majapahit yang sering digunakan tempat beribadah bagi para musafir ini, sengaja dibangun untuk mengingatkan masyarakat jika dahulu di Trowulan merupakan pusat Kerajaan Majaphit yang pernah berjaya hinga mencapai Nusantara. Foto Amin
Masjid Darul Muttaqin Trowulan Memiliki Ornamen Berukiran Khas Majapahit
Jum'at, 10-06-2016 | 12:56
Oleh : Aminuddin Ilham
Mojokerto pojokpitu.com, Masjid Darul Muttaqin yang dibangun sekitar Tahun 2010, berdiri megah di pinggiran jalan Baypas, Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Oleh sebagian warga, masjid ini dinamakan Masjid Majapahit.

Jika dilihat dari luar, masjid ini tidak jauh beda dengan bangunan masjid-masjid pada umumnya. Namun, yang membedakannya Masjid Muttaqin dengan masjid pada umumnya terletak pada ornamen ukir yang mengelilingi ruang dan beberapa sudut bangunan masjid. Ornamen-ornamen ukir merupakan ukiran khas Kerajaan Majapahit, seperti Ukiran Surya Majapahit dan Bunga Teratai yang nampak jelas mendominasi dan mengelilingi banguan masjid.
 
Menurut takmir masjid, Ahmad Mukminin, masjid Darul Muttaqin sengaja dibangun dan didesain berukiran khas Majapahit. Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini juga untuk mengingatkan masyarakat Trowulan yang dulunya merupakan pusat dari Kerajaan Majapahit yang berjaya di abad 14 Masehi.
 
"Masjid Darul Muttaqin yang menghabiskan dana sekitar Rp 3 milyar, sekarang berdiri megah di pinggiran jalan dan menjadi tempat bersinggah bagi para musafir, terutama saat bulan Ramadhan, untuk menjalankan ibadah sholat, membaca al-quran, hingga melepas lelah usai perjalanan jauh sambil menunggu waktu berbuka puasa," kata Mukminin.(pul)

Berita Terkait


Masjid Darul Muttaqin Trowulan Memiliki Ornamen Berukiran Khas Majapahit

Menilik Pesona Masjid Tertua di Bojonegoro

Masjid Dengan Bangunan Menara Tua Peninggalan Prajurit Diponegoro Saat Perang Jawa

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber