Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Inilah Musik Gembrungan, Paduan Musik Tradisonal dan Sholawat Nabi
Minggu, 05-06-2016 | 07:22
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Menyambut bulan suci Ramadhan, puluhan warga Kabupaten Ponorogo memainkan musik tradisional, yakni Gembrungan. Selain menguri - nguri budaya, mereka juga menggelar tradisi megengan sebelum melaksanakan puasa ramadhan.

Puluhan warga Kabupaten Ponorogo , saat memainkan musik tradisional jawa yang dinamakan Gembrungan.  Salah satu alat musik Jawa ini, bisa mengiringi lagu - lagu sholawat nabi dengan suara khas tinggi.

Alhasil, paduan antara musik tradisional dengan lagu sholawat ini,  mampu menarik perhatian masyarakat sekitar. Antusias warga pun terjadi hingga memadati halaman rumah warga, demi mendengarkan nyanyian yang dibawakan para orangtua yang usianya diatas 50 tahun tersebut.

Gembrungan ini tidak hanyalah untuk menyongsong dan menyambut dalam rangka bulan suci Ramadhan. Selain memainkan alat musik tradisonal ini,  warga juga menggelar tradisi megengan atau selamatan dengan memasak makanan hasil bumi.

Sementar warga juga berharap agar budaya bangsa ini, jangan sampai hilang atau punah. Ke depan kalangan pemuda atau generasi penerusnya harus  bisa meneruskan dan mengembangkannya.(end)


Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber