Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Olah Raga 

kejurnas catur_mba
Catur Jatim Intip Kekuatan Lawan Lewat Kejati Cup
Kamis, 19-05-2016 | 00:08
Oleh : Ambari Taufiq
Surabaya pojokpitu.com, Kajati Cup FIDE Internasional,sebuah Kejuaraan yang diselenggarakan 16-22 Mei ini, akan dijadikan sebagai ajang saling intip lawan sebelum turun pada PON XIX Jabar.

Cabang olahraga (cabor) catur Jatim menurunkan semua pecatur puslatda yang akan turun di PON XIX/206 pada kejuaraan yang digelar di Kantor Kejaksaan Tinggi (kejati) Jatim ini. Selain akan melawan atlet dari 20 provinsi, mereka juga bakal menghadapi pecatur dari 3 negara lain. Seperti Uzbekistan, Malaysia dan Filipina. 

"Seluruh atlet puslatda akan kita turunkan pada kejuaraan kali ini. Ada tiga belas atlet telah didaftarkan," ujar ketua umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Djumadi Marhen, Selasa  (17/5/2016).

Sebagai ajang pemanasan, Djumadi telah menginstruksikan kepada atletnya untuk mengeluarkan seluruh kemampuannya. Dengan tampil all out, pihaknya tak takut jika nantinya strateginya bisa dibaca oleh lawan. "Catur ini bersifat dinamis. Meskipun sekarang bisa saja terbaca oleh lawan, namun belum tentu itu nanti akan sama saat tampil di PON XIX Jabar. Ini akan kita jadikan sebagai ajang saling intip," lanjutnya.

Pada turnamen yang masuk dalam kalender Federation Internationale des Echecs (FIDE), yaitu induk olahraga catur dunia ini mempertandingkan nomor catur klasik. Sebagai nomor yang membutuhkan waktu lama, tentunya kejuaraan ini juga akan menguji fisik atlet. Jadi tidak hanya kosentrasi saja. Maka dari itu, ini akan sangat bagus guna melatih atlet sebelum menghadapi gelaran pesta olahraga empat tahunan.

"Tidak terlalu tinggi target yang kita canangkan, hanya masuk dalam lima besar. Sebab, ini sifatnya hanya sebagai ajang try out. Tetapi dari sini, kita manfaatkan sebagai ajang peningkatkan posisi atlet. Mereka yang diluar pulatda dan masih non gelar, supaya bisa naik menjadi master FIDE," paparnya.

Ketiga belas atlet yang akan diturunkan, yaitu, Fitra Andika, Muhammad Irfan, Kaesar Jenius, Roni Gunawan, Agus Kurniawan, Taufiq Halay dan Cerdas Barus untuk putra. Dan Yammy Jalson, Fariha Mariroh, Mariatul Khibtiah, Aay Aisyah, Hanik dan Nadia Anggreini di putri. Mereka akan membawa nama Jatim saat turun pada ajang piala kepala kejaksaan tinggi Jatim tersebut.

Dari total tiga belas atlet puslatda itu, akan mempereburkan 15 nomor pada PON XIX Jabar. Percasi Jatim sendiri akan menargetkan realistis perolehan tiga medali emas di ajang multi even tersebut. "Optimisme kita bisa bawa pulang saat PON 2016, September mendatang. Namun peluang empat hingga lima medali emas saya yakin bisa," tandasnya. [mba]


Berita Terkait


Catur Jatim Intip Kekuatan Lawan Lewat Kejati Cup

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('2662819','2018-01-19','06:37:11','27391','Catur Jatim Intip Kekuatan Lawan Lewat Kejati Cup','54.227.104.40','1','desktop')