Berita Terbaru :
Peresmian Candi Ganter Digeser ke Kantor Desa Tulung Rejo
   

Pasca Bebas, Ongen Kembali Rancang Kapal Tanpa Awak...
Teknologi  Senin, 16-05-2016 | 13:30 wib
Reporter :
Sketsa kapal tanpa awak buatan Ongen. Foto: elfany/JawaPos.com
Jakarta pojokpitu.com, Pascabebas dari Rutan Cipinang, Yulian Paongan alias Ongen kembali aktif merancang dan memproduksi kendaraan tanpa awak. Kini dia sedang fokus mematangkan desain untuk kapal tanpa awak yang digagasnya ketika masih mendekam di balik terali besi.

Kapal yang dirancang untuk mengawasi perbatasan ini, kata Ongen, punya endurance 10 jam dan kecepatan 10 knot. "Kapal ini juga memiliki kamera canggih dan bisa bawa rudal," kata Ongen kepada wartawan, Minggu (15/5).

Rencanannya kapal dengan panjang 17 meter dan lebar 6 meter ini akan mulai dibuat prototypenya bulan Agustus 2016 mendatang 

"Ini merupakan desain, kita akan buat prototypenya terlebih dahulu. Semoga ini bisa membantu pertahanan Indonesia," ujar Ongen.

Ide pembuatan kapal ini muncul setelah Ongen sukses membuat pesawat tanpa awak (Drone) yang saat ini tengah proses akhir produksi untuk keperluan Kementerian Pertahanan. 

"Sebagai negara yang 2/3 nya laut, maka kita membutuhkan alutsista yang canggih, drone dan kapal tanpa awak ini semoga bisa menjadi jawaban, akan masih kurangnya kekuatan pertahanan laut kita," tegas doktor maritim lulusan IPB ini.

Ongen mengaku sebagai anak bangsa dan akdemis yang bergerak di bidang kelautan tentu menginginkan Indonesia benar-benar berjaya tidak hanya di darat dan udara, laut sebagai halaman depan bangsa ini maka harus menjadi prioritas utama.

"Saya berharap ide kapal tanpa awak ini kembali mendapat dukungan masyarakat. Mari kita jadikan bangsa Indonesia yang tangguh, berdaulat dan disegani bangsa luar," tutup bekas jurnalis ini. (elf/JPG/dil/jpnn/mud)

Berita Terkait

Tiga Kapal Tanpa Awak ITS Siap Berlaga di Kontes Kapal Cepat Nasional

Pasca Bebas, Ongen Kembali Rancang Kapal Tanpa Awak...
Berita Terpopuler
Peresmian Candi Ganter Digeser ke Kantor Desa Tulung Rejo
Malang Raya  33 menit



Cuplikan Berita
Anak Jerapah Lahir di Tengah Pandemi
Pojok Pitu

Anak SD Dinikahkan Siri Dengan Pria Beristri Tiga
Pojok Pitu

Ingin Ketahui Fakta Penanganan Covid 19, Kapolda Jatim Akan Berkantor di Polsek
Jatim Awan

Begini Gejala Awal Hingga Rudy Ermawan Yulianto Meninggal Dunia
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber