Berita Terbaru :
Polsek Sukolilo Pantau Pengamanan Perumahan Terapkan Protap Covid 19
Usaha Jasa Sablon Kaos Kebanjiran Order di Tengah Pandemi Covid 19
Rayakan Lebaran di Rusunawa, Walikota Bawakan Opor Ayam dan Lontong Ketupat Untuk Pasien Karantina
Akses Eks Lokalisasi Dadapan Sumberejo Ditutup Portal
Sekolah Shift Untuk Redakan Kejenuhan Siswa
Kasus Covid-19 Surabaya, Diprediksi Segera Mencapai Puncaknya
   

Wah ! Naik Skuter Keliling Kota, Vespaporia Namanya
Mlaku - Mlaku  Senin, 16-05-2016 | 06:26 wib
Reporter : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Bagi anda yang belum pernah mengendarai ataupun touring dengan motor skuter, tidak usah khawatir keinginan anda tak terkabulkan. Di Tulungagung, salah satu komunitas penggemar motor skuter menawarkan wisata Vespaporia atau wisata malam hari keliling kota naiki motor skuter. Rupanya, wisata unik ini menarik minat masyarakat.

Berawal dari kebiasaan nongkrong serta ngobrol kesana kemari pada malam hari di lesehan warung kopi ataupun angkringan, yang banyak menghabiskan waktu dan uang tanpa hasil, membuat salah satu komunitas skuter dan reggae di Tulungagung, menggagas sebuah Wisata Vespaporia, atau wisata malam hari keliling Kota Tulungagung naiki motor skuter. 

Vespaporia yang telah berjalan selama dua bulan ini ternyata mendapat respon positif dari warga, terutama anak-anak muda, karena setidaknya 2 kali dalam seminggu mendapatkan order untuk berkeliling kota di malam hari. 
Wisata Vespaporia yang ditawarkan, yakni menyinggahi taman alun-alun, Jembatan Plengkung yang dibangun oleh Belanda tahun 1925 dan waterfall Kali Ngrowo. Untuk berskuter ria keliling kota sejauh sekitar 7 kilometer, wisatawan hanya dipungut biaya Rp 20 ribu sekali jalan.  

Untuk mendukung wisata ini, motor skuter yang disediakan sebanyak 10 unit dan merupakan milik para anggota komunitas. Para pemilik skuter ini, dengan gembira, selalu siap mengantar wisatawan, yang datang dari sekitar Kota Tulungagung, yakni Kediri, Blitar, dan Trenggalek.  Bahkan tak jarang mendapat pesanan dari warga Surabaya dan Jakarta untuk menikmati keindahan Kota Tulungagung di malam hari. Demikian disampaikan Muhammad Bahrul Hidayat, Penggagas Wisata Vespaporia. 

Vespaporia, yang diklaim baru ada di Indonesia ini, ternyata benar-benar dinikmati para wisatawan local.  Selain dapat menyusuri jalanan dengan motor skuter, di setiap tempat yang disinggahi yang merupakan ikon Tulungagung, selalu dimanfaatkan untuk foto bersama ataupun berselfi ria.

Para wisatawan mengaku cukup terpuaskan dengan mengikuti Wisata Vespaporia, karena kebanyakan dari mereka jarang atau hampir tidak pernah menaiki motor skuter, meskipun hanya untuk sekedar berjalan-jalan. Bahkan mereka mengaku, terkesan dengan vespaporia ini, melihat Kota Tulungagung sangat indah di malam hari, yang bermandikan cahaya lampu penerangan dengan hembusan angin sepoi-sepoi. 

Kreativitas anak-anak muda Tulungagung ini sepatutnya harus mendapatkan apresiasi dari pemerintah setempat untuk mengembangkan wisata alternatif dan ikut mempromosikan lewat ajang pameran pariwisata. Selama ini, Wisata Vespaporia hanya dipromosikan lewat media sosial atau dari mulut ke mulut.(end)  

Berita Terkait

Wisatawan Dipinggir Jalan Pacet Cangar Dibubarkan Petugas

Para Pelaku Usaha Wisata Usul Dapat Bantuan Sosial

Curhat Warga Sarangan Jual Cincin Untuk Makan

Virus Corona buat Jumlah Wisatawan Asing ke Borobudur Menurun
Berita Terpopuler
Kasus Covid-19 Surabaya, Diprediksi Segera Mencapai Puncaknya
Covid-19  6 jam

Sekolah Shift Untuk Redakan Kejenuhan Siswa
Pendidikan  5 jam

Akses Eks Lokalisasi Dadapan Sumberejo Ditutup Portal
Peristiwa  5 jam



Cuplikan Berita
Marah, Kapolda Copot Oknum Kapolsek Karena Tertidur Saat Rapat Dengan Walikota
Pojok Pitu

H-2 Lebaran, Stasiun Gubeng Surabaya Sepi Penumpang
Pojok Pitu

PSBB Surabaya Raya Bisa Diperpanjang, 2 Tahap Sebelumnya Dinilai Tak Efektif
Jatim Awan

Unik, Anak Anak Ini Berebut Uang Lebaran di Pagar Rumah Warga
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber