Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sorot 

Musim Tanam Tiba, Petani Dihadapkan Dengan Harga Pupuk Yang Mahal
Minggu, 15-03-2015 | 17:53 wib
Oleh : Budi Setyono
Ngawi pojokpitu.com, Belum usai dengan permasalahan anjloknya harga gabah, kini para petani beberapa kecamatan di Kabupaten Ngawi dihadapkan pada mahalnya harga pupuk. Dimusim tanam sekarang ini, mereka sulit mendapatkan pupuk karena harga pupuk yang naik dan beberap jenis pupuk subsidi yang juga berkurang stoknya.

Lagi-lagi para petani harus dihadapkan pada situasi yang rumit. Saat panen beberapa hari lalu, mereka harus menelan pil pahit karena harga gabah yang anjlok harganya hingga 3.500 rupiah. Kini, saat masuk musim tanam, situasi rumit itu datang lagi, harga pupuk yang tidak sesuai harga pasar yang ditetapkan pemerintah.

Mahalnya harga pupuk ini sedang dialami oleh petani di Kecamatan Paron, Kedunggalar dan Geneng. Umumnya, pupuk yang diproduksi oleh Petrokimia seperti Urea, TSP, Phonska, ZA, SP-36 yang mengalami kenaikan harga. Bahkan untuk jenis TSP dan SP-36 malah tidak tersedia sesuai Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) Tani yang telah ditetapkan.

"Harga pupuk saat ini mencapai harga 125 ribu rupiah per sak. Ini harga yang sangat tinggi karena tidak sesuai dengan het," kata Marmin, salah satu petani. Menurutnya, harga ini sangat mahal. peteni mulai resah jika pemerintah tidak segera mengambil tindakan karena saat musim tanam sudah tiba.

Sementara itu, menurut Sukadi (petani), pihak Petrokimia sepertinya lengah dalam pengawasan. "Petrokimia wilayah Ngawi tidak tau masalah pupuk yang harganya tidak sesuai het. Mereka sepertinya melakukan pembiaran terhadap kios-kios nakal yang ingin mengambil untung besar," ujar Sukadi.(ern)




Berita Terkait


Petrokimia Siapkan Pupuk Bersubsidi 4 Kali Lipat Dari Ketentuan

Petrokimia Gresik Tindak Tegas Distributor Licik

Suap Distribusi Pupuk, KPK Periksa Tiga Tersangka

Alokasi Pupuk Masih Rendah Dari Kebutuhan


Suap Distribusi Pupuk, KPK Periksa Tiga Tersangka

Alokasi Pupuk Masih Rendah Dari Kebutuhan

Dinas Pertanian dan Kabupaten Kediri Data Penyediaan Pupuk Bersubsidi

Dollar Naik, Harga Pupuk juga Mulai Naik

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber