Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kontes Robot Indonesia Regional IV, Gunakan Efisiensi Tenaga Terbarukan
Sabtu, 07-05-2016 | 07:23 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Ratusan tim robot dari puluhan universitas di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara dan Sulawesi ikut ambil bagian dalam Kontes Robot Indonesia Regional IV yang diselenggarakan di Gelora Olahraga Politeknik Jember.

Suasana Gedung Gelora Olahraga Politeknik Jember, saat ratusan tim robotika dari berbagai universitas di wilayah Regional IV, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara dan Sulawesi mengikuti Kontes Robot Indonesia Regional IV tahun 2016.

Ratusan tim ini mengikuti lima kelompok divisi lomba, yaitu Kontes Robot Pemadam Api tipe beroda dan tipe berkaki, Kontes Robot Seni Tari, Kontes Robot Sepak Bola dan Kontes Robot Abu. Khusus Kontes Robot Abu tahun ini mengambil tema efisiensi teknologi terbarukan. 
 
Tenaga yang biasa digunakan robot adalah tenaga fosil kali ini justru menggunakan tenaga alternatif dan nantinya robot tersebut akan menggunakan teknologi eco-robot dan hybrid-robot.

Alasan menggunakan teknologi terbarukan karena energi fossil yang tidak bisa dieksplorasi dan kita dituntut bijak dan efisien menggunakan energi tersebut agar tidak punah di kemudian hari.

Seperti halnya, tim dari Universitas Trunojoyo Madura ini, menggunakan energi hybrid dan eco green sebagai energi terbarukan dalam kedua robot yang nantinya berfungsi sebagai pelacak jalur dan pemanjat tebing. Kedua robot ini memerlukan waktu 3 bulan dalam proses perakitan dan penggunakan energi terbarukan.  Wahyu, perwakilan tim Universitas Trunojoyo Madura.

Sementara itu, Nugroho Setyo, Ketua Panitia Kontes Robot Indonesia, mengatakan, bahwa penggunaan teknologi efisiensi tenaga terbarukan mengacu pada peraturan Abu Asia Pasific Robot Contest 2016 di Bangkok. Rencananya, besok Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan meresmikan langsung acara ini.(end)

Berita Terkait


Kontes Robot Indonesia Kembali Digelar

Kontes Robot Indonesia Regional IV, Gunakan Efisiensi Tenaga Terbarukan


Kontes Robot Indonesia Kembali Digelar

Kontes Robot Indonesia Regional IV, Gunakan Efisiensi Tenaga Terbarukan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber