Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Otomotif 

Motor Listrik Buatan Indonesia Mudah Ganti Baterai
Jum'at, 06-05-2016 | 07:44 wib
Oleh :
Surabaya pojokpitu.com, Soal pengisian baterai GESITS, Kepala Laboratorium Sistem Otomasi Industri ITS Muhammad Nur Yuniarto mengatakan, sangat mudah. Jika recharge menggunakan listrik PLN, waktu yang dibutuhkan hanya 1,5 hingga 2 jam.

Opsi lain, pengisian baterai dilakukan dengan sistem swap. Artinya, baterai cukup dilepas, lalu ditukar dengan baterai yang baru. Nantinya, konsep yang diusung Garansindo tidak menggunakan charger. Melainkan tukar baterai.

"Seperti mengisi gas elpiji atau air mineral galon. Kita beli isinya. Nah, ini kita beli energinya. Dan, ini tanpa emisi gas buang," tutur Nur pada Jawa Pos, Rabu (4/5) kemarin.

Terobosan yang tidak kalah menarik adalah cara mendapatkan energi listrik isi ulang baterai. Pengguna cukup mendapatkannya di toko-toko seperti Alfamart atau SPBU.

Soal bodi motor, Nur mengakui, prototipe GESITS masih cukup berat. Saat ini berat motor 120 kilogram. "Ini karena dari pelat. Nanti dibuatkan dari fiber atau karbon. Targetnya, berat tidak sampai 100 kilogram," jelasnya.

Lantas, bagaimana dengan bagasi? Nur mengakui, jok motor digunakan untuk tempat baterai. Karena itu, bagasi belum tersedia. "Mungkin nanti pakai keranjang seperti motor-motor di luar negeri," tuturnya. (puj/end)


Berita Terkait


Uji Jalan Surabaya - Bali, Motor Listrik Gesits Bakal Saingi Motor Lain

Motor Listrik Buatan Indonesia Mudah Ganti Baterai


Uji Jalan Surabaya - Bali, Motor Listrik Gesits Bakal Saingi Motor Lain

Motor Listrik Buatan Indonesia Mudah Ganti Baterai

Sepeda Motor Listrik Buatan Mahasiswa ITS Sangat Irit, Begini Hitungannya...

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber