Berita Terbaru :
Pakar Hukum Tata Negara Bicara soal Pelaksanaan Pilkada
Ternyata ini Klub Sepak Bola Kesukaan Ahmad Dhani
18 Tokoh Dianggap Layak jadi Menteri, Ada Ahok dan Grace Natalie
   

Rencana, 12 Ton Sampah Surabaya Disulap Menjadi Tenaga Listrik
Teknologi  Selasa, 03-05-2016 | 09:13 wib
Reporter : Edwin Jaka
Tenaga listrik dari olahan sampah tersebut dikembangkan dengan sistem gasifikasi. Sehingga mampu mencapai sumber listrik berkekuatan 20 megawatt dalam setiap produksinya. Foto Edwin
Surabaya pojokpitu.com, Surabaya patut berbangga dengan sistem pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Benowo. Hasil olahan di kawasan tersebut kini menjadi sumber tenaga listrik baru, yang menjadi pilot project nasional, sebagai pembangkit listrik tenaga sampah, atau PLTS.


Dari sisa pembuangan sampah se kota pahlawan yang masuk mencapai 12 ton perharinya, disulap menjadi sumber tenaga listrik baru, dengan sistem pengolahan tak berbau.

Sebagai pihak yang menjalin kerjasama dengan pemkot surabaya. Pt sumber organik, mampu mengolah puluhan juta gunungan sampah menjadi tenaga listrik sebesar dua mega watt dalam proses pengolahannya.

Sistem tersebut diambil dari sisa sampah organik yang diolah kembali hingga menghasilkan gas metan, atau ch4. Dari gas tersebut, selanjutnya diolah dalam fuel skid untuk selanjutnya diproses sebagai tenaga listrik, yang di estimasi dapat mengaliri rumah warga di satu kecamatan.

Menurut Moh. Ali ashar  koordinator teknis pengolahan PT  Sumber organik,   Air lindi dari sampah basah turut diolah, menjadi air tawar yang dihasilkan dengan pengolahan khusus di komplek tpa benowo, sehingga bau menyengat sampah perlahan berkurang.

Alumnus Teknik Lingkungan Institut Teknologi Surabaya ini menambahkan, kapasitas tenaga listrik yang saat ini dihasilkan dihasilkan dari energy plan dan bekerjasama dengan PT PLN.

Kedepan. Tenaga listrik dari olahan sampah tersebut dikembangkan dengan sistem gasifikasi. Sehingga mampu mencapai sumber listrik berkekuatan 20 megawatt dalam setiap produksinya.(pul)



Berita Terkait

Guru dan Siswa SMK Buat Mobil Listrik Untuk Pelaku UMKM

Bulan Ini Tagihan Listrik PJU Ngawi Naik Rp 50 Juta

Pikat Burung Lepas, Pemuda Tersengat Listrik

Diduga Korsleting Listrik, Kios Pupuk dan BBM Terbakar
Berita Terpopuler
18 Tokoh Dianggap Layak jadi Menteri, Ada Ahok dan Grace Natalie
Politik  2 jam

Ternyata ini Klub Sepak Bola Kesukaan Ahmad Dhani
Infotainment  1 jam



Cuplikan Berita
Dua Kadis Terpapar Covid-19, Kantor Terpaksa Dilockdown
Pojok Pitu

Pemkot Surabaya Tepis Isu Pemecatan Kadis DKRTH Surabaya
Pojok Pitu

Diserang Tikus, Petani Ponorogo Resah
Jatim Awan

Rumah Pegawai Lapas Mojokerto Jadi Sasaran Pelemparan Bom Molotov
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber