Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Tenaga listrik dari olahan sampah tersebut dikembangkan dengan sistem gasifikasi. Sehingga mampu mencapai sumber listrik berkekuatan 20 megawatt dalam setiap produksinya. Foto Edwin
Rencana, 12 Ton Sampah Surabaya Disulap Menjadi Tenaga Listrik
Selasa, 03-05-2016 | 09:13 wib
Oleh : Edwin Jaka
Surabaya pojokpitu.com, Surabaya patut berbangga dengan sistem pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Benowo. Hasil olahan di kawasan tersebut kini menjadi sumber tenaga listrik baru, yang menjadi pilot project nasional, sebagai pembangkit listrik tenaga sampah, atau PLTS.


Dari sisa pembuangan sampah se kota pahlawan yang masuk mencapai 12 ton perharinya, disulap menjadi sumber tenaga listrik baru, dengan sistem pengolahan tak berbau.

Sebagai pihak yang menjalin kerjasama dengan pemkot surabaya. Pt sumber organik, mampu mengolah puluhan juta gunungan sampah menjadi tenaga listrik sebesar dua mega watt dalam proses pengolahannya.

Sistem tersebut diambil dari sisa sampah organik yang diolah kembali hingga menghasilkan gas metan, atau ch4. Dari gas tersebut, selanjutnya diolah dalam fuel skid untuk selanjutnya diproses sebagai tenaga listrik, yang di estimasi dapat mengaliri rumah warga di satu kecamatan.

Menurut Moh. Ali ashar  koordinator teknis pengolahan PT  Sumber organik,   Air lindi dari sampah basah turut diolah, menjadi air tawar yang dihasilkan dengan pengolahan khusus di komplek tpa benowo, sehingga bau menyengat sampah perlahan berkurang.

Alumnus Teknik Lingkungan Institut Teknologi Surabaya ini menambahkan, kapasitas tenaga listrik yang saat ini dihasilkan dihasilkan dari energy plan dan bekerjasama dengan PT PLN.

Kedepan. Tenaga listrik dari olahan sampah tersebut dikembangkan dengan sistem gasifikasi. Sehingga mampu mencapai sumber listrik berkekuatan 20 megawatt dalam setiap produksinya.(pul)



Berita Terkait


Motor Listrik Asal Hong Kong Ini Tantang Gesits dan PCX Electric di Indonesia

Warga Kembangkan Listrik Tenaga Surya Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Hari Listrik Nasional 2019, Mengutamakan Kemandirian Energi Bagi Seluruh Masyarakat

Tiga Bulan, Warga Dusun Ngelo Pacitan Keluhkan Seringnya Pemadaman Listrik


Gara-Gara Korsleting Listrik, Kapal MV Tanto Ceria Terbakar

Sebuah Bangunan Tua Roboh Timpa Kabel Listrik

LG Chemical Berminat Bangun Pabrik Baterai Motor Listrik di Surabaya

Pria Tewas Kesetrum Saat Pegang Seling Tiang Listrik

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber