Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Demi Swasembada Pangan, TNI Bantu Bajak Sawah
Kamis, 28-04-2016 | 12:59 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Beberapa anggota TNI Koramil Kecamatan Umbulsari jember, Kamis siang bersama puluhan petani, membajak sawah di areal persawahan.

Kedatangan anggota TNI  tersebut bukan semata mata karena ada ancaman ketahanan dan keamanan. Namun untuk memberikan sumbangsih tenaga kepada para petani, mebantu membajak sawah yang nantinya akan memasuki masa tanam.

Melalui program panglima TNI  Jenderal Gatot Nurmantyo, dengan pemerintah melalui Menteri Pertanian, siap membantu para petani baik dari segi peralatan maupun tenaga. Di tiap Koramil sudah disiapkan beberapa alat penunjang pertanian seperti traktor dan pompa diesel.

Beberapa anggota TNI  tampak susah mengoperasikan traktor tersebut. Namun semangat anggota mereka membantu para petani patut diapresiasi.

Menurut, salah satu anggota Koramil Umbulsari, Peltu Karmaji, dirinya siap mensukseskan program swasembada pangan yang di canangkan Presiden Jokowi. Para petani ini tidak dipungut ongkos untuk sewa traktor dan tenaga nya, hanya disuruh membiayai konsumsi bahan bakar solar.

Sementara itu, Sudarmono, petani mengatakan, bantuan traktor dan pompa diesel yang diberikan cukup membantu petani. namun traktor yang diberikan masih perlu dimodifikasi agar lebih cepat dan irit. Tidak hanya itu saja peralatan pendukung seperti gerobak dan garu, sangat diperlukan oleh petani. (pul)



Berita Terkait


Demi Swasembada Pangan, TNI Bantu Bajak Sawah

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua