Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Mangkir, Disnaker Surabaya Gagal Mediasi Pelindo III
Kamis, 21-04-2016 | 17:19 wib
Oleh : Edwin Jaka
Surabaya pojokpitu.com, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Surabaya gagal melakukan pemanggilan terhadap PT. Pelabuhan Indonesia III Surabaya. Proses mediasi antara manajemen BUMN Pelabuhan dengan perwakilan tenaker, harus tertunda.

Sedianya, proses pemanggilan tersebut dijadwalkan pukul 10 pagi tadi (21/4). Namun selang satu jam, perwakilan dari 224 tenaga kerja yang dinonjobkan telah hadir. Demikian pula  pihak pengawas tenaga kerja dari Disnaker Surabaya.

"Niat kami baik, agar ada mediasi antara perusahaan dengan para pekerja. Sayangnya, kami baru mendapat info pihak Pelindo III tidak bisa hadir," kata Pengawas Tenaker, Sofyan Hasibuan.

Dikatakan Sofyan, gagalnya pemanggilan ini lantaran pihak manajemen hadir dalam pemanggilan oleh Disnaker Provinsi Jatim, dengan  waktu pemanggilan bersamaan.

Pria berdarah Sumatera Utara ini, harus menahan kekecewaan. "Kan proses di kami (Disnaker Surabaya, Red) belum selesai. Kenapa justru hadirnya di provinsi. Ada apa ini?"  tanya Sofyan.

Terpisah, Ketua Serikat Pekerja Pelindo III, Reino Andriano, menyatakan, sejauh ini proses mediasi penting dilakukan. Pasalnya, para pekerja mempertanyakan alasan pemindahan tenaker ke anak perusahaan Pelindo III,  yakni, PT. Pelindo Daya Sejahtera (PDS).

Nah, ada 224 tenaker yang menolak, dikatakan Reino, justru dinonaktifkan. "Sekarang kami sudah dapat SK 80 persen bekerja di semua core bisnis Pelindo 3, tiba-tiba dipindah. Terutama status kawan-kawan masih belum jadi karyawan," terang Reino.

Sementara, Kepala Disnaker Kota Surabaya, Dwi Purnomo mengatakan atas ketidakhadiran tersebut, pemanggilan ulang akan dijadwalkan. "Adanya mediasi ini penting. Agar persoalan bisa terselesaikan dengan baik," katanya.(end)

Berita Terkait


Minta Ganti Rugi, LSM Jobranti dan EMCL Gelar Mediasi

Meditasi Lebih Ampuh Atasi Nyeri Punggung

Mangkir, Disnaker Surabaya Gagal Mediasi Pelindo III

Hasil Mediasi Panwas, Demokrat-PAN Bisa Daftarkan Calon Baru


Pengusaha Watu Dakon Resort Lakukan Mediasi Dengan Warga

Mediasi Gagal, Pekerja PT. CGL Blokir Pintu Masuk Gudang

Disnaker Telah Mediasi Klarifikasi Kasus PHK Pekerja PT Cipta Gagas Lestari

Kapolres Sumenep Lakukan Mediasi Konflik Nelayan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber