Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Tidak sulit mendapatkan bahan dasar, karena bisa didapatkan di setiap tempat. Foto Ramzi
Ukir Limbah Kayu Jadi Karya Seni Berharga Tinggi
Rabu, 20-04-2016 | 10:06 wib
Oleh : M.Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Bagi sebagian orang, limbah kayu tidaklah berguna, kecuali hanya sebagai kayu bakar. Akan tetapi bagi salah satu seniman Magetan, limbah kayu tersebut justru bisa menjadi karya seni yang bernilai.

Adalah Yuwono, warga Desa Nitikan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan, yang mengumpulkan limbah kayu yang terbuang. Namun bukan untuk bahan kayu bakar, limbah kayu yang didapat di ladang atau sungai itu, disulapnya menjadi karya seni yang bernilai rupiah.
Meskipun semua peralatan manual, akan tetapi tidak menyulutkan Yuwono, untuk berkarya. Butuh ketelatenan dan waktu yang lama, untuk merubah limbah kayu yang dianggap tidak bernilai itu menjadi aneka macam karya seni.

Beberapa karya seni ukir dihasilkan dari tangan dinginnya. Seperti miniatur binatang, manusia, dan lainnya. Menurut Yuwono,  kreatifitasnya dengan memanfaatkan limbah kayu sudah dijalaninya sejak remaja, karena dilandasi hoby seni.

Menurut Yuwono, tidak sulit mendapatkan bahan dasar, karena bisa didapatkan di setiap tempat. Ide untuk merubah limbah kayu atau bambu, muncul saat melihat bentuk limbah tersebut. Sehingga karya seni yang dihasilkan, tergantung dari bentuk limbah itu sendiri.

"Beberapa hasil karya sudah terjual di beberapa daerah, baik lokal Magetan, Ngawi atau Ponorogo dengan harga yang cukup beraneka ragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah," kata Yuwono.

Meskipun produknya masih terjual di pasar lokal, akan tetapi ia akan terus berkarya. Ia mengimpikan mempunyai peralatan yang lebih lengkap, dan juga galery untuk memajang hasil karyanya. (pul)

Berita Terkait


Ukir Limbah Kayu Jadi Karya Seni Berharga Tinggi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber