Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sorot 

Merasa Tak Pernah Menjual Tanahnya, Warga Minta PT SI Terbuka Soal Data Jual Beli
Kamis, 12-03-2015 | 17:30 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Setelah melakukan aksi dan orasi, sejumlah perwakilan warga (pemilik tanah) dari Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, melakukan mediasi dengan sejumlah pejabat dari PT Semen Indonesia tbk, di kompleks pabrik Kamis siang (12/3).

Sempat terjadi ketegangan dalam mediasi ketika warga meminta perusahaan untuk membuka data/bukti pembelian tanah sekitar 30,7 hektar di Desa Gaji yang selama ini digarap oleh warga.
 
Selain itu warga juga meminta perusahaan untuk menunjukkan siapa yang melakukan penjualan serta surat yang disebut kalau warga memberi kuasa kepada orang yang menjual tanah tersebut ke PT SI. Karena selama ini warga merasa tidak pernah merasa menjual.
 
Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan CSR PT SI, Wahyu Darmawan mengatakan,  jika perusahaan tidak pernah punya niat untuk menyengsarakan warga.

"Perusahaan tidak akan menyusahkan warga. Apabila itu terjadi, baik warga ataupun PT SI sama-sama menjadi korban," kata Wahyu.

Ia menjelaskan, perusahaan berjanji akan membuka semua bukti pembelian tanah pada kisaran tahun sebelum tahun 1998 lalu itu. Perusahaan akan menyelesaikan sesuia jalurnya.
 
Sementara itu, menurut Kompol Suhartono, Kabag Ops Polres Tuban, pihaknya masih kesulitan dalam menemukan bukti-bukti atas kasus ini. "Kami telah memeriksa sejumlah saksi namun kami belum menemukan bukti pemalsuan karena berkas-berkas tersebut dipegang oleh pihak PT SI," jelas Suhartono.

Namun, ia melanjutkan dalam mediasi, pihak PT SI telah berjanji untuk membuka semua bukti pembelian tanah yang sedang disengketakan warga. Jika demikian, ini akan mempermudah proses penyidikan.(ern)

Berita Terkait


Tempati Tanah Orang, Polisi Digugat Pensiunan Kelurahan

Sengketa Tanah, Mulyawati dan Kades Desa Bire Tengah Berujung Saling Lapor Polisi

Tanah Desa 7 Hektar Raib, Warga Lapor Kejaksaan

Tegang, Audiensi antara LBH Tjakraningrat Dengan BPN


Dipicu Sengketa Tanah, Seorang Warga Ponorogo Aniaya Tetangga Hingga Tewas

Ratusan Warga Demo Pengadilan, Kawal Sidang Sengketa Tanah

Sengketa Tanah Dengan Perusahaan Semen, Puluhan Warga Desa Gaji Arak Tumpeng

Khofifah Diminta Warga Selesaikan Sengketa Tanah TNI AL

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber