Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sorot 

Kodim Limpahkan Kasus Gudang Pupuk Ilegal ke Polisi
Kamis, 12-03-2015 | 17:09 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Terbongkarnya gudang pupuk ilegal di Gudang Pelabuhan Kalimas Surabaya, terus diusut oleh anggota Komando Distrik (Kodim) 0830 Surabaya Utara. Hanya saja, lantaran tak memiliki kewenangan dalam menyelidiki kasus ini, Kodim 0830 melimpahkan kasus ini ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Pelimpahan dilakukan langsung Letnan Satu CHB Kamsuri selaku anggota Intel Kodim ke unit Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang diwakili Iptu Toni Widodo selaku Panit Reskrim.

"Kita melimpahkan kasus ini ke Polres Pelabuhan Tanjung Perak agar penyidikan kasus dugaan pupuk ilegal ini bisa lebih maksimal. Dalam pelimpahan ini, kita sertakan juga pemilik usaha pupuk ini untuk diperiksa," ujar Letnan Satu CHB Kamsuri di TKP gudang pupuk di Kalimas Baru 615 Pelabuhan Kalimas, Kamis (12/3).
 
Sementara itu, usai menerima pelimpahan dari Kodim 0830, Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak berjanji akan serius menyidik kasus dugaan pupuk ilegal ini. Iptu Toni Widodo mengatakan, pihaknya akan langsung memeriksa sejumlah saksi termasuk pemilik usaha PT Multi Emas Chemindo serta memeriksa dokumen perijinan pupuk di Kementerian Pertanian.
 
"Secepatnya kita akan periksa saksi dan berkas-berkas perijinan di Kementerian Pertanian. Hanya saja karena masih awal, kita belum bisa menetapkan tersangka dalam kasus ini. Tunggu hasil penyidikan terlebih dahulu," ujar Iptu Toni Widodo.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, anggota Kodim 0830 Surabaya berhasil membongkar distribusi pupuk ilegal di Pelabuhan Tanjung Perak. Satu unit Trailer yang bermuatan 1 ton pupuk yang siap dikirim ke Kalimantan Tengah berhasil diamankan. Penyitaan ini setelah anggota Kodim menemukan bahwa pupuk yang dikirim PT Multi Emas Chemindo ini menyalahi ijin dari Kementerian Pertanian.
 
Dalam ijinnya, PT Multi Emas Chemindo mendistribusikan pupuk jenis Granule atau butiran, tetapi saat sak karung dibuka, ternyata pupuk berisi powder atau serbuk. Usai menyita trailer, anggota Kodim menggerebek gudang pupuk, yang terletak di Pelabuhan Kalimas, tepatnya di gudang nomor 615. Di dalam gudang, anggota Kodim menemukan 13 ton pupuk yang diduga ilegal yang siap dikirim ke Kalimantan Tengah dan Sulawesi.(ern)

Berita Terkait


Polisi Amankan Puluhan Karung Pupuk Bersubsidi Ilegal

Petugas Gabungan Amankan Puluhan Sak Pupuk Ilegal Bersubsidi

Polisi Bongkar Penjualan Pupuk Bersubsidi Ilegal

Kodim Blitar Grebek Kios Penjual Pupuk Tak Berizin


TNI Gerebek Gudang Pupuk Ilegal Di Kalimas Baru

Diduga Produksi Pupuk Ilegal, CV Cipto Langgeng Disidak

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber