Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Khasiat Tersembunyi Di Balik Buah Langka
Kamis, 12-03-2015 | 15:00 wib
Oleh : Pulung Aji
pojokpitu.com, Pernah dengar buah Keppel ? pasti banyak yang masih asing dengan buah ini ?. Penampakannya saja pasti juga banyak yang belum tau. Tapi ternyata ada khasiat jitu yang terkandung dalam buah ini lho.

Mungkin belum banyak yang mengenal jenis tanaman yang satu ini, hal ini wajar karena tanaman kepel memang termasuk tanaman langka,  dan tidak bisa didapatkan dengan mudah seperti tanaman herbal lainnya.  Konon pada zaman dahulu buah dari tanaman kepel merupakan cemilan dan banyak di gemari oleh para puteri-puteri keraton.

Kepel atau bahasa ilmiahnya stelechocarpus burahol merupakan jenis tumbuhan pepohonan yang bisa mencapai ketinggian hingga 12 meter,  akar tunggang,  berwarna putih kotor, percabangannya monopodial, dan berwarna cokelat.  Daunnya tunggal, lonjong, memiliki panjang 8-20 cm, pangkal meruncing dan halus, pertulangan bawah menonjol,  mengkilat,  berwarna hijau.  Bunga majemuk,  berbentuk tandan yang tersebar di batang dan cabang,  tangkai silindris,  panjang  4 cm,  benang sari dan putik halus,  dan kuning. perbanyakan biasanya dilakukan dengan biji,  dan bagian yang digunakan adalah daging buah dan daun.

Buah ini berkasiat sebagai obat radang ginjal dan asam urat. untuk obat radang ginjal , dipakai 1 buah kepel yang sudah matang, kemudian buahnya dimakan langsung. Sedangkan untuk obat asam urat , diambil 7 lembar daun kepel, ditambah dengan air 2 gelas, rebus hingga tersisa 1 gelas, dan diminum 2 kali sehari masing-masing 1 sendok makan. (pul)

Berita Terkait


Panen Raya Buah Srikaya, Petani Meraup Untung Dengan Peningkatan Produksi

Petani Buah Naga Mensiasati Harga Anjlok Dengan Aneka Olahan

Harga Anjlok, Petani Jadikan Buah Naga Sebagai Pakan Ternak

Harga Buah Naga Anjlok, Pemerintah Daerah Akan Melakukan Penyuluhan Kepada Para Petani


Gubernur Pimpin Panen Buah Melon Bersertifikat Prima

Inilah Waktu Terbaik untuk Makan Buah

Sebuah Cafe Menawarkan Konsep Kopi Signature dan Pembeli Bisa Meracik Kopi Sendiri

Ditinggal Pergi, Sebuah Rumah Nyaris Terbakar

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber