Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Waspadai Awan Cumulus Nimbus, BMKG Warning Dunia Penerbangan
Selasa, 20-01-2015 | 16:32 wib
Oleh : Mujianto Primadi
pojokpitu.com, Badan meteorologi, klimatologi dan geofisika, BMKG Juanda kembali meminta dunia penerbangan untuk mewaspadai cuaca buruk hingga bulan februari 2015 mendatang. Sebab bulan Januari hingga Februari adalah puncak musim hujan dan masih banyak awan cumulus nimbus yang bisa membahayakan dunia penerbangan.

Kembali warning atau himbauan pada dunia penerbangan ini disampaikan pihak BMKG Juanda berkaitan dengan cuaca buruk pada bulan Januari hingga Februari. Hal ini karena hujan deras masih akan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia.

Warning pada bulan Januari dan Februari ini merupakan puncak dari musim hujan. Pada saat puncak musim hujan ini banyak terjadi hujan deras dan angin kencang yang  membuat jarak pandang menjadi terbatas, sehingga membahayakan penerbangan terutama untuk pesawat take off dan landing.

Tidak hanya hujan deras saja, menurut prakirawan BMKG Juanda Teguh Tri Susanto, bahaya yang harus diwaspadai oleh pilot adalah selama puncak musim hujan masih akan terus banyak bermunculan awan cumulus nimbus.

Awan ini menjadi sangat berbahaya untuk pilot terutama pada awan CB yang bisa mengakibatkan turbulance untuk pesawat. Selain turbulence, awan CB juga mengandung es dan memicu terbentuknya petir pesawat yang masuk dalam awan ini, mesinnya bisa mati dan menyebabkan pesawat jatuh.

BMKG  berharap imbauan ini diperhatikan dunia penerbangan. Semua maskapai diminta tidak memaksakan mengoperasikan pesawatnya  pada saat cuaca buruk.(fer)

Berita Terkait


Jatim Waspada Banjir, Longsor, Puting Beliung

BMKG Warning Bahaya Tanah Longsor dan Banjir di Jatim

Waspada Cuaca Extrim Hujan Lebat dan Angin Kencang

BMKG Imbau warga dan Penerbangan Waspadai Sirkulasi Angin Tertutup


Awal Musim Hujan Akan Tiba, BMKG Waspadai Cuaca Ekstrem

BMKG Juanda Prediksi Jawa Timur Waspaada Cuaca Panas Extrim

BMKG Himbau Masyarakat Tak Terpengaruh Kabar Hoak Terkait Gempa

BMKG Juanda Himbau Antisipasi Gempa Susulan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber