Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Atasi Banjir Sampang, Jatim Usulkan Pembangunan Pompa
Rabu, 02-03-2016 | 15:37
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Gubernur Jatim Soekarwo segera mengusulkan ke pemerintah pusat, agar segera membangun pompa air di Kabupaten Sampang yang setiap tahun selalu terjadi banjir. Pembangunan pompa air ini sangat mendesak mengingat pembangunan embung sulit diwujudkan.

"Banjir Sampang pada prinsipnya harus segera dibangun pompa air. Karena setiap bulan Februari terjadi air pasang. Jika hujan deras ditambah air pasang terjadi bersamaan, banjir besar pasti akan menerjang Sampang karena air tidak bisa langsung ke laut. Solusinya adalah pembangunan pompa air," kata Gubernur Soekarwo, Rabu (2/3).

Menur pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini, pemprov tidak bisa membeli pompa air karena harganya yang sangat mahal. Sedangkan pemprov juga harus mengurus prioritas pembangunan lainnya. Oleh karena itu, yang bisa dilakukan pemprov hanya mengusulkan ke pemerintah pusat agar pompa air ini segera direalisasi.

Mantan Sekdaprov Jatim ini mengatakan, permasalahan banjir di Sampang hampir sama dengan banjir yang terjadi di Porong beberapa waktu. Yaitu air laut pasang ditambah curah hujan yang sangat lebat. "Titik puncak hujan di Sampang terjadi pada 23 Februari lalu, yang mengakibatkan air mengalir di sungai Kemuning mencapai 500 mili meter per detik dari biasanya hanya 300 mili meter per detik," ungkapnya.

Derasnya air hujan itu, lanjutnya, tidak mampu ditampung dihulunya karena terbatasnya penahan air. Saat ini, baru ada tiga penahan air di Omben. Rencananya pemprov akan menambah pintu air di  Omben agar air bisa tertahan di hulu tidak langsung turun ke bawah.

Sementara terkait pembangunan embung seperti yang diusulkan Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, Pakde Karwo mengaku sulit diwujudkan. Sebab lahan TKD (tanah kas desa) di Sampang tidak ada sehingga pembangunannya mustahil dilakukan.

"Embung memang penting, tapi lebih penting lagi adalah pompa air. Pemprov Jatim sebenarnya sudah menganggarkan untuk pembangunan embung di Sampang, tapi uangnya selalu kembali karena tidak ada tanahnya," katanya.(end)


Berita Terkait


Kota Sampang Kembali Dilanda Banjir

Antisipasi Bencana Banjir, Seribu Relawan Bersih Sampah Sungai

Intensitas Curah Hujan Tinggi, Warga Sampang Khawatir Terjadi Banjir

Atasi Banjir Sampang, Dewan Desak Pembangunan Waduk di Setiap Kecamatan


Penanganan Banjir Sampang Butuh Anggaran Rp 205 M

Kerugian Akibat Bencana Banjir Sampang Diperkirakan Melebihi Rp 28 Milyar

Atasi Banjir Sampang, Jatim Usulkan Pembangunan Pompa

Banjir Sampang Surut, Warga Bersihkan Rumah dan Perabotan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('2633506','2018-01-18','06:44:19','23579','Atasi Banjir Sampang, Jatim Usulkan Pembangunan Pompa ','54.234.65.78','1','desktop')