Berita Terbaru :
5 Jam Pencarian, Pemuda Penjaring Ikan Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia
   

Jembatan Ambruk Diterjang Banjir, Warga Terisolir
Pantura  Sabtu, 27-02-2016 | 23:30 wib
Reporter : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Sebuah jembatan penghubung antar dusun di Kabupaten Tuban, ambruk setelah diterjang banjir bandang. Akibatnya, 200 kepala keluarga terisolir. Untuk beraktifitas keluar, mereka terpaksa harus mencari jalan alternatif dengan jarak tempuh lebih dari 4 kilometer.

Kondisi Jembatan Watu Bulus di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban rusak parah. Akses penghubung antara Dusun Watu Bulus dan Lohgawe  ini ambruk rata dengan tanah, setelah diterjang banjir bandang, yang terjadi dini hari tadi.

Jembatan yang dibangun sejak tahun 2000 ini sebenarnya masih dalam kondisi cukup bagus. Namun bagian pondasi tiang penyangga mengalami keropos, karena berulang kali terkikis derasnya banjir bandang dari perbukitan kapur. Beruntung tidak ada kendaraan melintas, saat jembatan tiba-tiba ambruk.

Fungsinya yang sangat penting membuat warga dan perangkat desa langsung bergotong royong melakukan perbaikan. Diharapkan, jembatan bisa segera rampung, karena keberadaannya menjadi jalan utama warga beraktifitas keluar, seperti sekolah, bekerja, dan berbelanja ke pasar. Sementara ini, warga terpaksa harus menjari jalan alternatif dengan memutar sejauh 4 kilometer.

Banjir bandang diketahui juga menyebabkan kerusakan sejumlah infrastruktur. Di antaranya jembatan di Desa Sawahan dan aspal jalan sepanjang jalur Provinsi Tuban-Bojonegoro. Bahkan jembatan Desa Sawahan terpaksa harus ditutup bagi kendaraan besar, karena kondisinya sudah parah dan rawan ambruk.

Kecamatan Rengel merupakan salah satu wilayah yang rutin diterjang banjir bandang. Hampir setiap hujan deras turun dengan intensitas dua jam lebih, dipastikan terjadi banjir bandang dari perbukitan kapur sekitar.(end)

Berita Terkait

Hujan Deras Mengguyur Kecamatan Sumawe, Desa Tambakrejo Terendam

Pulang Melaut, Pencari Kupang Hilang Terseret Banjir

Banjir Terjang 5 Kecamatan di Tengah Pandemi Covid-19

BMKG Minta Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi dan Rob
Berita Terpopuler
5 Jam Pencarian, Pemuda Penjaring Ikan Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia
Peristiwa  49 menit



Cuplikan Berita
Gelombang Tinggi Terjang Pantai Selatan Lumajang
Pojok Pitu

Puluhan Rumah Warga Pantai Sine Terendam Banjir Rob
Pojok Pitu

Banjir Terjang 5 Kecamatan di Tengah Pandemi Covid-19
Jatim Awan

Dua Truk Pasir Terseret Lahar Dingin Semeru
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber