Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Akah Nikah di Kantor KUA Ranuyoso Dipungut Rp 600 Ribu
Rabu, 24-02-2016 | 08:01 wib
Oleh : Achmad Arif
Lumajang pojokpitu.com, Rumor pungutan biaya nikah di kantor urusan agama (KUA) ternyata bukan isapan jempol belaka. KUA Kecamatan Ranuyoso memungut biaya nikah pasangan suami istri sebesar Rp. 600 ribu. Padahal dalam peraturan pemerintah nomer 48 tahun 2014, nikah di kantor KUA gratis.

Pungutan biaya nikah di KUA Ranuyoso ini diungkapkan keluarga pasangan suami istri Samsul Arif dan Siti Fatimah, asal Desa Penawungan, Kecamatan Ranuyoso, Lumajang. Dia mengaku kecewa dengan pelayanan KUA Ranuyoso Lumajang, karena masih memungut biaya akad nikah kepada dirinya, di kantor KUA Senin (22/2/2016) kemarin.  

Padahal sebagaimana peraturan pemerintah Nomer 48 tahun 2014 tentang biaya nikah, khusus biaya nikah di kantor KUA gratis, alias tak dipungut biaya. Sedangkan pelaksanaan akad nikah di luar kantor KUA dipungut biaya Rp. 600 ribu.   Pihak keluarga menduga KUA bermain di tengah ketidaktahuan warga.

Bahkan KUA sempat meberikan pilihan nikah di kantor KUA dengan bayar atau pasangan suami istri yang telah melakukan nikah di bawah tangan ini menjalankan sidang Isbat nikah dengan biaya Rp. 1 juta. Merasa biayanya makin mahal, ia memilih membayar uang nikah tersebut.  

Sementara itu Kepala Kantor Urusan Agama Ranuyoso Rizkuha mengakui pungutan tersebut. Dia berdalih pasangan suami istri telah dianggap melakukan akad nikah di luar kantor KUA, karena pasangan suami istri telah melakukan akad nikah di bawah tangan.  

Padahal pasangan suami istri ini melakukan akad di kantor KUA. Namun hal ini dianggap hanya memperkuat akad nikah sebelumnya. Sayang pungutan yang bertentangan dengan PP 48 di KUA Ranuyoso ini, pihak KUA tak bisa menunjukkan payung hukumnya. Bahkan Rizkuha berdalih semua itu kebijakan KUA Ranuyoso. (mud) 

Berita Terkait


Dugaan Pungli Isbat Nikah, Kades Ancam Pecat Perangkat Desanya

Akah Nikah di Kantor KUA Ranuyoso Dipungut Rp 600 Ribu


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber