Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Nikmati Lezatnya Kaldu Kokot Kuliner Khas Sumenep
Selasa, 16-02-2016 | 05:13 wib
Oleh : Syaiful Anwar
pojokpitu.com, Madura tidak dikenal hanya sebagai daerah dengan beraneka ragam budaya. Namun juga dikenal dengan aneka ragam kuliner dengan cita rasa khas Madura. Salah satunya adalah kaldu kokot, kuliner khas Kabupaten Sumenep. Makanan dengan bahan dasar kedelai hijau ini, dipadukan dengan bumbu khusus, dan dicampur dengan daging kaki sapi sehingga berbeda dengan kaldu pada umumnya.

Seperti kaldu kokot di warung milik Sri Hartati, yang terletak di Jalan Wahidin, Kelurahan Pajagalan, Kabupaten Sumenep, dijual makanan khas Sumenep, yakni kaldu kokot. Warga setempat mengatakan perpaduan kaldu kokot memiliki cita rasa khas tersendiri berbeda dengan kaldu pada umumnya.

Selain kokot sapi atau kaki sapi, kaldu kokot ini juga ditambah dengan campuran jeroan daging babat, usus, paru dan daging lidah sapi. Sebelumnya, daging kaki sapi, babat dan daging sapi direbus, lalu dipotong, kecil-kecil, sementara daging kokot, dibiarkan begitu saja hingga membentuk kepalan tangan orang dewasa.  Kaldu kokot ini merupakan warisan dari nenek moyang, sejak tahun 1962.  Kaldu kokot sejak dulu memang terkenal di kalangan warga Madura, bahkan warga luar Madura.

Salah seorang penikmat kaldu kokot mengaku, kaldu kokot memiliki cita rasa yang khas.  Selain rasanya yang nikmat, dan  sejak dulu hingga sekarang tidak berubah,  dan tidak ada duanya.  Kaldu kokot ini satu-satunya kuliner khas yang hanya ada di kabupaten ujung timur Pulau Madura ini.

Harga kaldu kokot diwarung ini, juga sangat murah meriah.  Untuk satu porsi dengan menu biasa hanya Rp 15 ribu, sedangkan untuk menu tambahan, yakni dengan kokot, atau daging kaki sapi, ditambah sepiring lontong, hanya Rp 35 ribu.(end)


Berita Terkait


Jual Murah Laptop Sewaan, Warga Donomulyo Diringkus Polisi

Istirahat Terganggu, Tetangga Dianiaya Dengan Asbak

Pemerintah Jatim Membebaskan Denda Pajak

Ketua DPRD Sementara Sidak Tambak Udang Ilegal


Lagi, Karaoke Ilegal Dirazia

Kerugian Negara Belum Ditemukan, Kejari Masih Periksa Saksi Kasus Pasar Manggisan

Ningsih Tinampi Pengobat Alternatif Viral di Medsos

Ratusan Buruh Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Revisi UU Ketenagakerjaan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber