Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Hanya dengan Pijakan Kaki, Anak Tangga Ini Jadi Pembangkit Listrik
Jum'at, 12-02-2016 | 19:09 wib
Oleh : Yusmana Windarto
pojokpitu.com, Termotivasi untuk mencipta energi listrik alternatif, mahasiswa Teknik Elektro dari salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya berhasil mencipta alat pembangkit listrik berbentuk anak tangga. Dengan prinsip kerja sederhana, anak tangga pembangkit listrik ini dianggap lebih ramah lingkungan.

Raditya Jalu Atmojo dan Saiful Efendi, mahasiswa Jurusan Elektro, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya berhasil menciptakan anak tangga pembangkit energi listrik alternatif. 

Anak tangga pembangkit listrik ciptaannya dianggap lebih ramah lingkungan. Alasannya, pembangkit listrik ini dihasilkan melalui hasil pijakan kaki bagi pengguna anak tangga.

Prinsip kerja anak tangga pembangkit listrik ini menggunakan gaya pegas, yang dihubungkan pada roda gigi sebagai penggerak utama. Penggerak utama ini menjadi sumber tenaga penggerak generator listrik.

Mekanisme anak tangga ini menggunakan ukuran standar, digunakan secara aman saat digunakan. Untuk kemiringan anak tangga, menggunakan sudut 40 derajat dan kemiringan 45 derajat.

Posisi pegas dipasang di setiap sisi bawah pijakan, yang digabungkan dengan roda gigi yang terpasang vertikal. Roda gigi dihubungkan dengan rantai untuk menggerakkan gigi utama, papar Raditya, mahasiswa pencipta anak tangga pembangkit listrik.
 
Selanjutnya, anak tangga pembangkit listrik ini diharapkan mampu menjadi alat alternatif penghasil listrik yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, inovasi ini mampu menghemat penggunaan listrik di lingkungan kantor, atau tempat perbelanjaan.(end)

Berita Terkait


Hanya dengan Pijakan Kaki, Anak Tangga Ini Jadi Pembangkit Listrik


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber