Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Seribu Pelajar SMA Melukis Bareng Sketsa Kebesaran Kerajaan Majapahit
Sabtu, 30-01-2016 | 10:44
Oleh : Taufiq Lubis
Mojokerto pojokpitu.com, Sebanyak 1.050 pelajar SMA di Kabupaten Mojokerto secara serentak melukis sketsa peradaban Majapahit. Selain untuk mengasah kemampuan siswa, melukis massal ini juga untuk menanamkan kecintaan kalangan pelajar terhadap sejarah Majapahit.

Untuk menumbuhkan kecintaan kepada sejarah Kerajaan Majapahit, lebih dari seribu pelajar SMA se Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto melukis sketsa bertema Majapahit.

Di atas selembar kertas berwarna putih, ribuan pelajar ini melukis raja-raja dan tokoh penting kerajaan Majapahit seperti raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada.  

Selain itu dengan imajinasi yang mereka miliki, para pelajar ini juga melukis  candi-candi yang di masa kerajaan Majapahit sebagai tempat pemujaan, seperti candi Bajang Ratu, candi Tikus serta candi Brhau. Para pelajar juga melukis pohon maja serta lambang kebesaran kerajaan Surya Majapahit.  

Risna Aini, salah satu peserta menyatakan, meski tak kesulitan untuk melukis peradapan Majapahit, namun dirinya sempat kesulitan untuk menentukan pilihan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit yang hendak dilukisnya.   

Sukariyanto, panitia lomba menyatakan, tema melukis sketsa Majapahit ini sengaja digelar untuk menumbuhkan kecintaan mereka terhadap peradaban sejarah kerajaan Majapahit, yang kini mulai dilupakan.  

Tak hanya sekedar melukis, hasil karya ribuan pelajar ini akan diseleksi menjadi sepuluh besar terbaik oleh para guru kesenian dari beberapa sekolah di Kabupaten Mojokerto dan akan ditampilkan dalam sebuah pameran lukisan sejarah bulan depan. (mud) 

Berita Terkait


Ritual Getih-Getah, Cara Menyatuhkan Para Keturunan Raja di Bumi Nusantara

Drama Kolosal Pertempuran Majapahit Meriahkan HUT TNI AL

Seribu Pelajar SMA Melukis Bareng Sketsa Kebesaran Kerajaan Majapahit

Bangun 300 Rumah Majapahit, Trowulan Jadi Destinasi Wisata Budaya


Dukung Situs Ngurawan, Pemkab Bangun Gapura Majapahit

Candi Tegowangi, Sarat Sejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit

Balai Arkeologi Jogjakarta Gali Situs Ngurawan Majapahit

Masjid Darul Muttaqin Trowulan Memiliki Ornamen Berukiran Khas Majapahit
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber