Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pengelolaan Tidak Maksimal, Limbah Pasar Ikan Cemari Sungai
Jum'at, 22-01-2016 | 22:21 wib
Oleh : Mahsuli
Lamongan pojokpitu.com, Pengoperasian instalasi pengelolaan air limbah Pasar Ikan Lamongan, dinilai belum maksimal. Akibatnya, sungai yang berada berdampingan dengan Pasar Ikan, tercemar limbah sehingga menimbulkan bau busuk.

Genangan air limbah ikan di Pasar Ikan Lamongan ini, dapat dijumpai di setiap sudut. Aliran pembuangan air limbah di setiap sisi lapak pedagang, juga tidak mengalir secara maksimal ke instalasi pengelolaan air limbah, sehingga terjadi genangan air di lantai atau halaman Pasar Ikan.

Limbah cair ini juga mencemari sungai yang berada berdampingan dengan Pasar Ikan.  Bau busuk pun menyengat sejak beberapa minggu terakhir.

Farid Budi Wahyudi, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Badan Lingkungan Hidup mengatakan, pengoperasian instalasi pengelolaan air limbah di Pasar Ikan Lamongan belum bekerja maksimal.

Penyebabnya adalah ada dua saluran limbah dari lapak pedagang langsung mengalir ke sungai,  sedangkan tiga saluran limbah, sudah bekerja maksimal, namun kapasitasnya kecil.

Saat ini, Badan Lingkungan Hidup bekerja sama dengan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengatasi persoalan limbah. Salah satunya, berencana mengganti paving dengan cor beton. Sebab, paving tidak dapat meresap air, sehingga lantai pasar menjadi becek tergenang air.

Dalam wacana tata kota Kabupaten Lamongan, Pasar Ikan Lamongan masuk dalam daftar relokasi, karena sudah tidak strategis dalam kota. Hanya saja, pemerintah daerah belum memiliki pandangan untuk tempat baru pasar ikan. (end)


Berita Terkait


Pengelolaan Tidak Maksimal, Limbah Pasar Ikan Cemari Sungai

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber